blank
Desa Wisata Sembungan Kejajar raih anugerah ADWI 2022. Foto : SB/dok Diparbud

 

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Desa Wisata Sembungan Kejajar Wonosobo berhasil mengharumkan daerahnya dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Gedung Sapta Pesona Jakarta.

Sebelumnya Desa Wisata Sembungan telah berhasil masuk ke dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indoonesia. Desa yang terletak di dataran tinggi Dieng itu, punya pesona Bukit Sikunir dan Telaga Cebong.

Anugerah ADWI 2022 diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam malam apresiasi anugerah ADWI tahun 2022 yang bertema “Dari Desa untuk Indonesia Bangkit” di Gedung Sapta Pesona Jakarta.

Penghargaan ADWI 2022 tersebut diserahkan kepada pengelola Desa Wisata Sembungan Kejajar Tafrikhan disaksikan Wakil Bupati M Albar dan Kepala Dinas Pariwiasata dan Kebudayaan Agus Wibowo.

Acara tersebut turut dihadiri Mendagri Tito Karnavian dan Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Selain menggelar malam puncak ADWI Tahun 2022, Kemenparekraf RI juga melaksanakan sejumlah rangkaian event 5K-FunRun, Jalan Sehat, Senam Aerobik bersama Menteri Parekraf, Komunitas Pelari Jakarta, para Kepala Daerah, Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten dan Kota serta 50 pengelola Desa Wisata dari 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2022.

Tata Kelola

blank
Penyerahan anugerah ADWI 2022 di Gedung Sapta Pesona Jakarta. Foto : SB/dok Diparbud

Selain itu, juga dilaksanakan penandatanganan MoU dengan mitra strategis ADWI 2022, penyerahan sertifikasi Desa Wisata berkelanjutan 2022, penyerahan sertifikat MURI, pengumuman nominasi pemenang klasifikasi Desa Wisata Rintisan.

Juga klasifikasi Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, serta pembacaan nominasi 1 daya tarik wisata nominasi 2 desa digital, nominasi 3 homestay dan nominasi 4 toilet terbaik.

Wakil Bupati M Albar sangat bangga dan merasa bersyukur bahwa Wonosobo memiliki Desa Wisata yang keren seperti Desa Sembungan yang terkenal dengan Bukit Sikunir, Telaga Cebong dan Air Terjun Sikarim.

“Desa Wisata Sembungam sudah memiliki tata kelola desa wisata yang baik termasuk pengelolaan sampah yang ditimbulkan dari ramainya kunjungan wisata ke tempat ini,” katanya.

Dirinya berharap, penghargaan ini mampu menjadi motivasi bagi desa wisata Sembungan sendiri untuk terus berbenah meningkatkan kualitas tata kelola dan daya tariknya supaya tetap menjadi yang terbaik.

“Hal itu semoga bisa menjadi motivasi bagi desa-desa wisata yang lain di Wonosobo agar segera bergerak maju untuk menjadi desa-desa wisata terbaik selanjutnya,” tandas dia.

Muharno Zarka