blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Sabtu (2/10) meninjau bazar pangan murah di Alun-alun setempat.(Foto:SB/Dinas Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Guna mengendalikan inflansi, Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Pertanian dan Pangan menggelar bazar pangan murah dan pasar mitra tani di Alun-alun Kebumen, Sabtu (2/10).

Kegiatan ini turut melibatkan Perum Bulog, ID Food, BUMP, Kelompok Tani atau Gapoktan, KWT atau LUPM, Tim Pengerak PKK, serta asosiasi dan pelaku usaha lainnya.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto hadir didampingi jajaran OPD dan dan tamu undangan menyatakan, bazar pangan murah ini bertujuan menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan strategis, baik di tingkat produsen maupun konsumen.

“Dalam pengendalian inflansi ini pemerintah berupaya meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok dan strategis bagi masyarakat dengan menggelar bazar pasar murah atau operasi pasar, karena dengan begitu kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” ujar Arif Sugiyanto.

Menurut Bupati, sudah seharusnya pemerintah mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang untuk masyarakatnya. Terlebih Kebumen memiliki hasil pertanian yang melimpah.

“Diharapkan dengan adanya Bazar Pangan Murah ini dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat untuk menikmati belanja murah dan berkualitas,”ucap dia.

Turunkan Harga Pangan

Selain itu, pada acara hari ini juga dilaksanakan Pasar Mitra Tani. Pasar tersebut merupakan salah satu usaha pemerintah memotong rantai pasok pangan, dengan Toko Tani Indonesia maka rantai pasok (supply chain) pangan yang semula ada di banyak pihak menjadi sedikit pihak.

Bupati berharap, dengan berkurangnya pihak-pihak terkait dalam rantai pasok, harga pangan menjadi turun hingga 30%. Ia juga meminta agar para spekulan tidak terlalu berani dalam menaikkan harga.

Dalam hal ini pemerintah bekerja sama dengan distributor, Perum Bulog dan para kelompok tani, serta pelaku usaha pangan dalam penyediaan komoditas pangan.

Peserta Bazar Murah Pangan tersebut diikuti oleh Bulog, PT PPI Cabang Purwokerto, PT Jateng Agro Berdikari, PT Gita Foods Kartasura, Kelompok Tani Mulyo Desa Tlogolele Kecamatan Selo Boyolali (sayuran), Kelompok Tani Begonondo Desa Gemuh Blantem Kec amatanGemuh Kendal (bawang merah).

Kemudian ada Kelompok Peternak Telur Kecamatan Puring (Farelio Farm), BUMP PT. PT Wijayakusuma Pangan Mandiri (Cilacap), dan BUMP PT Kebumen Maju Makmur (Kebumen).

Adapun Pasar Mitra Tani diikuti oleh Poktan dan Gapoktan 19 Kecamatan yang ada di Kebumen. Aneka macam sayuran dan buah-buahkan tersedia dalam kegiatan tersebut. Harganya pun sangat terjangkau, masyarakat yang tengah berada di Alun-alun banyak yang antri membeli

Komper Wardopo