blank
Bawaslu Kota Semarang gelar sosialisasi pengawasan partisipatif penyelenggaraan Pemilu 2024, Jumat (30/9/2022). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bawaslu Kota Semarang mengajak masyarakat menjadi pemantau pemilu sebagai bentuk partisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rahman, saat membuka kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bawaslu Kota Semarang, di Plaza Hotel Semarang, Jumat (30/9/2022).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Abhan Ketua Bawaslu RI periode jabatan 2017-2022 dan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Muhammad Rofiuddin.

Kegiatan ini diikuti oleh organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, perwakilan 14 universitas di Kota Semarang.

Arief mengatakan sejatinya pengawas pemilu adalah masyarakat itu sendiri. Sehingga, dia mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Partisipasi bisa ditunjukkan oleh masyarakat untuk melakukan cek mandiri apakah namanya terdaftar dalam keanggotaan partai politik melalui Sipol.

“Dan jika dari masyarakat tidak merasa menjadi bagian dari keanggotan partai politik dan keberatan dapat melaporkan ke Bawaslu Kota Semarang, itu bagian dari bentuk partisipasi,” katanya.