blank
Anggota Babinsa dari Koramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, memberikan pelatihan PBB kepada para siswa MIM. Ini diberikan dalam upaya menumbuhkan sikap disiplin, sebagai bagian dari materi pendidikan karakter.(Dok. Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pendidikan karakter diberikan kepada para murid Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) di Lingkungan Bulu, Kelurahan Punduhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Yakni melalui materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), pemahaman ideologi Pancasila dan penanaman sikap disiplin. Ini dilakukan, dalam upaya menumbuhkan jiwa patriot cinta terhadap Tanah Air.

Tampil menjadi instruktur, Babinsa Sertu Agus Suranto dan Sertu Joko Susilo, keduanya dari Anggota Koramil-11/ Manyaran Kodim 0728/Wonogiri. Pemberian materi Wawasan kebangsaan merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan dan meningkatkan disiplin bagi para siswa.

Siswa, merupakan generasi penerus bangsa, perlu mendapatkan pembekalan materi Wasbang dan pemahaman Pancasila sejak dini. Kepada mereka, juga perlu diberikan penanaman sikap disiplin melalui pengenalan dan pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB), sebagai bagian dari penanaman pendidikan karakter.

Kepada para siswa, Babinsa Sertu Agus Suranto, mengatakan, perkembangan kemajuan zaman dan teknologi informasi (TI) saat ini, perlu diimbangi dengan penanaman sikap disiplin dan pendidikan karakter. Ini penting dilakukan, demi penyelamatan generasi penerus anak bangsa. Agar mereka terhindarkan dari dampak negatif kemajuan zaman di era milenial.

Sertu Agus  juga mengajak para siswa untuk membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), termasuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Bambang Pur