blank

SEMARANG SUARABARU.ID Mantan Gubernur Jawa Tengah, Drs Ali Mufiz MPA menerima anugerah Budaya Akademik Islami (Budai) Award dari Unissula. Penghargaan diberikan oleh Wakil Rektor I Dr Andre Sugiyono pada perayaan gebyar Muharram 1444 Hijriyah di kampus Unissula (18/8). Selain Ali Mufiz penghargaan tersebut juga diberikan kepada Drs Ahmad Azhar Combo.

Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH dalam sambutannya menyatakan kedua tokoh tersebut layak menerima award bukan hanya karena kompeten tapi juga teladan baik yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. “Drs Azhar Combo merupakan pebisnis yang dermawan. Yang membangun banyak masjid. Selain itu perannya sebagai ketua Pembina Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung sangat penting karena merupakan sosok pemersatu,” ungkapnya.

Rektor juga menyebut prestasi Ali Mufiz sebagai wakil gubernur dan gubernur di masa lalu.  “KH Ali Mufiz sangat kental menjalankan ajaran Islam. Beliau berhasil membangun Jawa Tengah sebagai bagian baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. Berhasil menjadi contoh yang mengimplementasikan birrul walidain (berbakti pada orang tua) dan takrimul aulad (memuliakan anak anaknya),” ujarnya.

Masih menurut Rektor, Budai Award diberikan kepada tokoh tokoh muslim yang memiliki pengaruh dan berkontribusi penting dalam bidangnya masing masing. “Mereka adalah tokoh inspiratif yang secara gigih berjuang untuk umat dan bangsa dan selalu  mengedepakan nilai-nilai keislaman,” ungkapnya.

Penghargaan diberikan pada momen peringatan tahun baru Hijriyyah. Sebagai penanda, sebagai penyemangat untuk terus menggelorakan spirit berhijrah dari hal hal kurang baik menuju hal hal yang baik, dari hal hal yang baik menuju hal hal yang lebih baik dan seterusnya.

Sudah banyak tokoh nasional dan internasional yang meraih pernghargaan tersebut sejak pertama kali diberikan tahun 2009 lalu.  Tokoh tersebut antara lain Mustaq Ahmad dari Singapura yang berkontribusi dalam bidang islamic entrepreneur.  Dr Ujang Iskandar bidang pelayanan publik.  Buya Hamka (alm) dalam bidang pengembangan dakwah dan pemikiran Islam di Indonesia. M Jusuf Kalla dalam bidang kemanusiaan. Prof Dr Moh Mahfud MD dalam bidang hukum.

Award tersebut juga pernah diberikan pada para tokoh besar lainnya di bidang pendidikan antara lain: Dr dr Rofiq Anwar SpPA (alm), KH Zarkasi (alm), KH Maemoen Zubair (alm), Prof Dr Imam Suprayoga, dan Prof Dr M Nuh.

Dalam acara tersebut juga dilaunching buku Meretas Jalan Menuju Umat Berkeadaban karya Sekretaris Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Dr Didiek Ahmad Supadie MM.