blank
Dr. Wiharto, S.T., M.Kom. dan Dr. Aditya Nanda Priyatama, S.Psi., M.Si. masing masing tengah menandatangani berita acara pelantikan sebagai Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains serta Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Psikologi . Foto: Humas UNS

“Salah satu fleksibilitas atau otonomi di bidang akademik yang diberikan pemerintah kepada PTNBH adalah bisa mendirikan fakultas baru dan program studi (prodi) baru,” kata Jamal Wiwoho.

Karena itu didirikanlah Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data dan Fakultas Psikologi yang sudah dinyatakan layak untuk berdiri sebagai fakultas pada 11 Maret 2022.

Setelah layak didirikan maka struktur berikutnya adalah mengisi jabatan-jabatan yang ada.

Sebagai bentuk dari keinginan besar otonomi perguruan tinggi bisa dimaknai miskin struktur dan kaya fungsi.

Karena itu UNS mencoba tidak menetapkan Dekan, Wakil Dekan SDM, Keuangan, dan Logistik, serta Wakil Dekan Perencanaan Kerja Sama Bisnis, dan Informasi yang baru untuk dua fakultas baru.

Namun UNS mengangkat Dekan, Wakil Dekan SDM, Keuangan, dan Logistik, serta Wakil Dekan Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi dari Fakultas Kedokteran untuk Fakultas Psikologi dan Fakultas MIPA untuk Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data.

Pelantikan yang berlangsung diharapkan memberi motivasi agar dua fakultas baru bisa segera duduk, berdiri, bahkan berlari. Karena melihat daftar peserta mahasiswa baru yang mendaftarkan diri ke dua fakultas baru itu luar biasa.

“Tidak hanya itu, setelah fakultas baru terbentuk dan mahasiswanya juga sudah siap, maka  sistem pembelajaran, praktikum dan sebagainya untuk bisa terus dilakukan gunamengejar prestasi 11 fakultas yang sudah ada,”terangnya.

Dengan dua  fakultas yang baru  maka UNS memiliki 13 fakultas dan dua sekolah. Yakni  yakni Sekolah Vokasi dan Sekolah Pascasarjana.

Bagus Adji