blank
Dr Sri Yulianto JP SSi MKom selaku trainer dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga memaparkan materi dalam Sosialisasi LKPS dan LED di ruang Q1 pada Rabu (11/5).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Universitas Semarang menggelar Sosialisasi Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Pengenalan Laporan Evaluasi Diri (LED) serta Pelatihan aplikasi SIMU-JAYA di Ruang Q1 dan Q2 Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Rabu (11/5).

Acara ini diikuti oleh seluruh Gugus Kendali Mutu Fakultas dan Program Studi.

Kegiatan ini menghadirkan Dr Sri Yulianto JP SSi MKom selaku trainer dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

blank
Para peserta Sosialisasi LKPS dan LED yang digelar USM berfoto bersama seusia mengikuti kegiatan pada Rabu (11/5).

Ketua Badan Penjaminan Mutu USM, Dr Ardiani Ika SE MM mengatakan, tujuan kegiatan agar sistem penjaminan mutu akademik baik internal dan eksternal bisa lebih baik lagi.

”Penjaminan mutu internal berfungsi dalam menunjang target-target akademik, seperti kesesuaian klasifikasi gelar akademik dan validitas informasi tentang mutu akademik. Adapun penjaminan mutu eksternal dirancang untuk memastikan lembaga telah menerapkan proses penjaminan mutu internal yang efektif,” ungkapnya.

Menurutnya, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah sistem penjaminan mutu yang berjalan di dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen dalam satuan pendidikan yang mencakup seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya untuk mencapai SNP.

”Sedangkan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) adalah kegiatan penilaian melalui akreditasi untuk menentukan kelayakan dan tingkat pencapaian mutu program studi dan perguruan tinggi,” ujarnya.

Dia mengatakan, LED dan LKPS fokus pada pengembangan perguruan tinggi. LED harus memuat 9 kriteria akreditasi yang meliputi kriteria visi, misi, tujuan, dan strategi. Kedua, tata kelola, tata pamong, dan kerja sama.

”Ketiga sampai kesembilan adalah mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana, dan Prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan luaran dan capaian tridharma,” tandasnya.

Mala/Muha