blank
Tim relawan Jogo Tonggo Desa Jatimarto, Ngadirojo, Wonogiri, memakamkan jenazah secara Prokes, dengan pendampingan pengamanan dari personel TNI-Polri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Relawan Jogo Tonggo Desa Jatimarto, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, memakamkan jenazah secara protokol kesehatan (Prokes).

Jenazah yang dikuburkan, seorang pria berinisial S (57). Pemulasaraan jenazah (pangrukti layon)-nya dilakukan oleh tim medis Rumah Sakit (RS) Astrini, Wonogiri.

Kemudian penguburannya dilakukan oleh relawan Jogo Tonggo Desa Jatimarto, berlangsung Rabu siang (2/3) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa setempat.

Almarhum mempunyai riwayat perjalanan luar kota. Pada Tanggal 24 Februari 2022 lalu, setelah tiba dari Karawang, mengeluh sakit batuk dan sesak nafas.Oleh pihak keluarganya diperiksakan ke dokter yang berpraktik di Klinik Kesehatan di Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Namun kondisinya tak berangsur sembuh. Saat kembali memeriksakan, dia dirujuk untuk berobat ke rumah sakit.

Isoman

Oleh keluarganya, kemudian dibawa ke RS Astrini, dan dari hasil tes PCR yang dilakukan pada Tanggal 25 Februari 2022, dia dinyatakan sebagai pasien positif Covid-19.

Menyakapi hal tersebut, keluarganya diminta melakukan isolasi mandiri (Isoman) sampai Tanggal 10 Maret 2022 mendatang. Mereka teridri atas istri Ny S (48) bersama dua orang anaknya yakni SS (28) dan EN (33). Hasil tes swab antigen pada mereka, menunjukkan hasil non reaktif. Namun mertua pasien, Ny P (65) hasil tes-nya reaktif.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono, Kamis (3/3), menyatakan, prosesi penguburan jenazah S secara Prokes, mendapatkan pendampingan pengamanan dari Anggota Polsek Ngadirojo Aiptu Ghofur dan Bripka Suranto.

Juga hadir di TPU Jatimarto, personel Anggota TNI dari Koramil Ngadirojo beserta Tim Medis dari Puskesmas Ngadirojo, Perangkat Desa dan dari perwakilan keluarga duka.

Bambang Pur