Camat Kismanmtoro, Andika Krisnayana (ketiga dari kanan) bersama personel Koramil dan Polsek serta relawan, menyerahkan bantuan kepada korban bencana tanah longsor.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana tanah longsor, Senin dinihari (7/2), terjadi di RT 1/RW 2 Dusun Waru, Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri. Menyebabkan rumah milik Simun rusak, dinding temboknya ambrol dihantam material longsoran.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Serma Indra, menyebutkan, kejadiannya berlangsung Pukul 03.00 dinihari. Bersamaan waktunya dengan hujan yang turun selama tiga jam. Dampaknya, menyebabkan sisi lereng sebelah rumah longsor dan material longsorannya merusak rumah Simun.

Danramil-20 Kismantoro Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Tono, melaporkan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam bencana tanah longsor tersebut. Senin (7/2), personel Polsek, Koramil bersama jajaran Forkompincam Kismantoro, relawan, pamong desa dan warga masyarakat,  melakukan kerja bakti menyingkirkan material longsoran.

Bersamaan itu, kepada Simun diberikan bantuan sembako, karpet sebagai alas tidur dan perlengkapan mandi cuci. Yang penyerahannya dilakukan oleh Camat Kismantoro, Andika Krisnayana. Tindakan ini, diharapkan dapat meringankan beban penderitaan korban longsor.

Kepada warga Dusun Waru, diminta agar waspada dan berhati-hati ketika turun hujan lagi yang berkepanjangan. Utamanya yang bermukim di dekat lereng tebing terjal dan rawan longsor.

Kewaspadaan perlu ditingkatkan, dalam upaya menyikapi cuaca ekstrem dan sebagai upaya mengurangi resiko bencana. Di bagian lain, warga diimbau untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Bambang Pur