blank
Tim Gabungan Satgas Covid-19 Kecamatan Ngadirojo, menggelar patroli Gakplin ke pasar, dengan sasaran bakul dan pengunjung pasar tak bermasker.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Satgas Covid-19 di sejumlah kecamatan di Kabupaten Wonogiri, menggelar patroli penegakan disiplin (Gakplin) protokol kesehatan (Prokes) di pasar-pasar dan pusat perniagaan. Yakni pasar tradisional di wilayah Kecamatan Karangtengah, Puhpelem, Ngadirojo, Wuryantoro, Giriwoyo, Sidoharjo, Slogohimo dan Ngadirojo.

Kegiatan ini sebagai antisipasi pencegahan penularan virus corona, mengingat pasar dan pusat perniagaan sebagai tempat berkumpulnya penjual dan pembeli, berpotensi dapat menjadi pusat penularan Covid-19.

Sebagaimana pernah diberitakan, Pemkab Wonogiri, pernah menutup pasar di Wonogiri Kota, Sidoharjo, Slogohimo dan Tirtomoyo. Penutupan sementara dilakukan karena ada pedagangnya yang positif Covid-19.

Pasar Gading

Babinsa di Koramil 23/Karangtengah Kodim 0728/Wonogiri bersama personel Polsek dan aparat terkait, menggelar patroli Gakplin ke Pasar Gading di Dusun Ciro, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah.

blank
Personel Koramil tampil memprakarsai patroli Gakplin ke pasar dan pusat perbelanjaan yang menjadi keramaian publik di daerah.

Menurut Babinsa Koptu Suyanto, Jumat (17/12/2021) patroli Gakplin Prokes dilakukan dalam upaya pencegahan wabah virus corona yang sampai sekarang belum juga berkahir. Sasarannya, para bakul dan pengunjung pasar yang abai tidak memakai masker.

Kepada mereka yang terjaring karena tidak menggunakan masker, diberi masker secara gratis dan pemahaman tentang edukasi perlunya mematuhi Prokes, dalam upaya pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19.

Operasi yustisi Gakplin Prokes, juga digelar di Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri. Danramil-24/Puhpelem, Kapten (Inf) Tono, melalui Batuud Peltu Bambang, menyatakan, sasaran operasi yustisi para pedagang yang berjualan di Ibukota Kecamatan Puhpelem.

Sasaran Patroli

Danramil-08 Giriwoyo, Kapten (inf) Sriyono, melaporkan, patroli Gakplin Prokes ditekankan tentang perlunya sikap kepatuhan masyarakat dalam mencegah wabah corona.

Prokes tersebut meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas. Maka sasarannya warga masyarakat yang tak mematuhi Prokes.

blank
Petugas patroli Gakplin di Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, memberikan masker gratis kepada bakul dan pengunjung pasar yang terjaring karena abai memakai masker.

Batuud Koramil-03 Ngadirojo Kodim 0728/Wonogiri, Pelda Arifin, melaporkan patroli Gakplin Prokes dilakukan bersama personel Polsek, aparat Kecamatan dan tenaga kesehatan dari Puskesmas. Tujuannya, untuk memutus mata rantai penyebaran wabah corona.

Plt Danramil-10/Wuryantoro, Lettu (Inf) Nurhadi melalui Babinsa Serka Ali Imran, menyatakan, patroli Gakplin Prokes dilakukan dengan sasaran para bakul pasar, utamanya di los penjualan sembako, ikan, daging dan di area parkiran.

Danramil-22/Slogohimo, Kapten (Arm) Yadiman melaporkan patroli Gakplin digelar di pusat perniagaan dan pasar tradisional Kota Slogohimo. Disertai edukasi kepada warga masyarakat untuk tidak kendor mematuhi Prokes.

Penegasan sama juga disampaikan Danramil-18/Girimarto, Kapten (Inf) Siswanto dan Batuud Peltu Maryadi. Sasaran patroli Gakplin di Kecamatan Girimarto, fokus ke pasar dan keramaian di pusat perniagaan.

Bambang Pur-Mul