blank
Anak TK Tinas Rimba V Ngliron belajar menanam pohon. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung mengajak 40 anak usia dini belajar menanam pohon .

Mereka adalah siswa Taman Kanak-kanak (TK) Tunas Rimba V, Desa Ngliron Kecamatan Randublatung, Blora menanam pohon di petak 4 RPH Kedungringin BKPH Ngliron KPH Randublatung, Selasa (07/12/2021).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa gemar menanam bagi anak-anak usia dini. Menurut Administratur Perhutani KPH Randublatung Dewanto, dengan pengenalan menanam pohon kepada anak-anak yang usia dini.

Diharapkan  kelak di kemudian hari setelah anak tersebut tumbuh dewasa akan tertanam dan mempunyai jiwa cinta alam dan lingkungannya.

Administratur Perhutani KPH Randublatung Dewanto, mengatakan bahwa di dalam acara tersebut tersebut, Perhutani menyampaikan ungkapan rasa senang bisa memberikan edukasi dan pengenalan lingkungan bagi anak-anak usia dini.

“Pengenalkan pendidikan lingkungan kepada anak harus dilakukan sedini mungkin. Hal ini dilakukan Perhutani, besar harapan kami kelak setelah tumbuh dewasa anak tersebut akan mempunyai jiwa yang cinta alam dan peduli terhadap lingkungan,” ucap Dewanto.

Lebih lanjut Dewanto menjelaskan bahwa jika kegiatan ini dilakukan, anak – anak sudah mengenal cara menanam pohon, dan cara merawat pohon yang baik.

“Saya sangat senang atas terselengarakanya kegiatan ini,  pengenalkan pendidikan lingkungan kepada anak harus dilakukan sedini mungkin. Setelah tumbuh dewasa anak tersebut akan mengerti manfaat tanaman di lingkungan sekitarnya,” Ujar Dewanto.

Sementara itu, Kepala Sekolah  TK Tinas Rimba V Ngliron melalui Guru pendamping anak usia dini, Yanti,SPd., mengucapkan sangat berterimakasih kepada Perhutani Randublatung. Kegiatan pembelajaran di luar sekolah seperti ini dapat merangsang anak tumbuh dan berkembang dengan optimal.

“Anak usia dini, pada masa ini otak lebih mudah menyerap berbagai informasi, baik yang dilihat,  didengar, atau dirasakan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kecintaan anak-anak pada lingkungannya,” tandas Yanti.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Ngliron Muntono mengapresiasi Perhutani KPH Randublatung, yang telah memberi kesempatan anak – anak usia dini untuk belajar menanam dan merawat tanaman.

“Ini bagus sekali, untuk anak usia dini diperkenalkan cara menanam pohon, sekaligus merawat. Harapan kami setelah tumbuh dewasa anak – anak didesa kami bisa mencintai alam dan lingkungannya,” pungkas Muntono.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Administratur Perhutani KPH Randublatung Dewanto, Pengasuh dan guru Taman Kanak Kanak (TK) Tunas Rimba V Desa Ngliron Kecamatan Randublatung, Kepala Desa Ngliron Muntono, Babinkamtibmas Desa Ngliron Bripka Munadi, Kasi Keuangan Umum, SDM Juko Budiyanto, Wakil Administratur Wilayah Selatan Kusmanto, Kasi PSDHL  Perhutani Randublatung Lukman Jayadi, Kasi PBB Perhutani Randublatung Rastim, serta karyawan perhutani KPH Randublatung.

Kudnadi

 

 

  1. Perhutani Randublatung mengajak Siswa TK Tinas Rimba V Ngliron belajar menanam Pohon.

 

  1. Foto bersama Perhutani Randublatung dengan Siswa TK Tinas Rimba V Ngliron