blank
Ketua Badan Kerja sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah, Nawal Arafah Yasin. Foto: doc/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Jawa Tengah, Nawal Arafah Yasin, mengatakan bahwa saat ini ibu punya peranan penting dalam menjaga anak pada saat pandemi.

Hal itu ia jelaskan pada saat diskusi virtual dengan Radio RRI bertajuk “Peran Ibu Dalam Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi”, Jumat (24/9/2021).

“Peran ibu sangat penting, terutama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan pencegahan (pada anak-anak) agar pelaksanaan PTM dapat terlaksana dengan baik,” kata Ning Nawal sapaan akrabnya.

Ning Nawal yang juga sebagai istri dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, juga memberikan tips bagaimana untuk mencegah anak-anak agar terhindar dari covid-19 ketika hendak melakukan PTM.

“Beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh para ibu sebelum putra-putrinya berangkat sekolah, antara lain menyiapkan masker, hand sanitizer, peralatan sekolah supaya tidak berbagi atau meminjam alat tulis siswa lain,” katanya.

Selain itu juga ada perlengkapan shalat, tisu basah/kering, vitamin, peralatan makan atau bekal makanan maupun minuman sendiri, sehingga anak-anak tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan menghindari interaksi atau kerumunan di kantin sekolah yang berpotensi terjadi saat jam istirahat,” tambahnya.

Dengan begitu, ia berharap nantinya para orang tua agar tidak resah ketika anak-anaknya melakukan kegiatan PTM di sekolahnya.

“Karena PTM ini untuk menambah pengetahuan terkait fungsi sekolah di samping untuk mencari ilmu, seperti tempat anak bersosialisasi, belajar menghormati aturan, berorganisasi, tempat anak belajar mini kehidupan di masa yang akan datang,” tuturnya.

Hery Priyono