blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto membuka Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kebumen di Aula Dekopinda Jalan Arungbinang, Sabtu 18/9.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH mengusulkan, guna memperkuat Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM),  perlu memperbanyak kegiatan festival atau pameran guna mempromosikan produk-produk terbaik ke masyarakat.

Bupati Arif Sugianto menyampaikan hal itu sewaktu  membuka  Musyawarah Daerah Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kebumen di Aula Dekopinda Kebumen, Jalan Arungbinang, Sabtu (18/9).

Kepada seluruh penggerak koperasi di Kebumen, Bupati menyampaikan peran penting koperasi sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Bupati mengakui  bahwa problem kemiskinan di Kebumen terjadi karena adanya kesenjangan penghasilan dari para kaum pekerja.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kebumen Anna Ratnawati di sela Musda Dekopinda.(Foto;SB/Ist)

“Kehadiran koperasi di Kebumen tentu harus bisa menghapus kesenjangan itu, karena koperasi adalah soko guru perekonomian negara yang masihmenjunjung tinggi azas keadilan,”ujar Bupati.

Dekopinda Kabupaten Kebumen sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Kebumen, lanjut Bupati,  mempunyai kedudukan dan peran yang strategis untuk ikut membangun dan mengembangan perkoperasian.

“Cita-citanya pastinya satu agar koperasi lebih maju dan berkembang sehingga semua anggotanya dan masyarakat bisa semakin sejahtera,” tuturnya.

Bupati berpesan dalam Musda ini Dekopinda Kabupaten Kebumen sebagai holding dari koperasi-koperasi di wilayah harus bergerak agar lebih dinamis dan bisa menjawab tantangan zaman.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Kebumen senantiasa mendukung penuh Dekopinda, untuk selalu melakukan inovasi supaya koperasi-koperasi di Kabupaten Kebumen bisa tetap aktif sebagai penggerak ekonomi kemasyarakatan.

“Bagaimanapun koperasi juga bisa memberikan perhatian dan fokus terutama kepada pelaku UMKM sehingga para pelaku UMKM dapat dimudahkan untuk memperoleh dana bergulir serta pinjaman untuk usaha,”tutur dia.

Untuk penguatan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) di Kebumen, Bupati mengusulkan untuk memperbanyak kegiatan festival atau pameran guna mempromosikan produk-produk terbaik ke masyarakat.

“Ke depan Kebumen perlu memperbanyak kegiatan festival untuk memamerkan produk-produk UMKM. Jadi masyarakat tak perlu lagi buat toko, ongkosnya terlalu mahal, cukup perbanyak festival atau digiatkan marketingnya lewat tekonologi digital,”tandas Arif Sugiyanto.

Bupati bahkan mempersilahkan para pelaku KUMKM bisa datang dalam setiap kegiatan rapat dinas dari masing-masing OPD untuk sekaligus menawarkan produk-produk unggulannya. Hal itu pun sudah pernah dilakukan oleh para pelaku UMKM.

Komper Wardopo