blank
Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Raden Mas Said Kodim 0728/Wonogiri, berlatih rapling dan vertical rescue di Jembatan Nusantara.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0728 Wonogiri, berlatih vertical rescue dan rapling di Jembatan Nusantara.

Pinsaka Wira Kartika ‘Raden Mas Said,’ Kak Pelda Gatot Haryanto, menyatakan, pemberian pelatihan secara rutin kepada segenap anggota, bertujuan untuk menjaga agar pisik tetap prima.

Juga demi peningkatan ketrampilan, kecakapan dan kemampuan insan pandu, utamanya di jajaran Saka Wira Kartika Kodim 0728/Wonogiri.

Sebanyak 21 anggota Praswika Angkatan 07 mengikuti pelatihan, diampu oleh Sangga Kerja Wira Kartika sebanyak 16 personel. Dengan pengawasan Dewan Saka dan Pinsaka Wira Kartika.

Kak Pelda Gatot menyampaikan, pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika merupakan program kerja TNI-AD Bidang Teritorial. Bertujuan membina generasi muda agar mempunyai kegiatan positif.

”Supaya terhindarkan dari perbuatan negatif, dapat membentuk jiwa patriot yang setia berbhakti dan menjujung tinggi nilai luhur keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Gatot.

Pelatihan kali ini, melaksanakan krida mountainnering, dengan materi berlatih Vertical Rescue dan teknik menuruni tebing (Rapling) di Jembatan Nusantara, Selogiri, Wonogiri.

Pelda Gatot, menekankan, anggota saka Wira Kartika harus selalu bersemangat dalam berlatih, riang dan gembira, terampil serta cekatan.

”Karena semua itu adalah penjabaran Dasa Dharma Pramuka,” tegas Gatot. Upaya menjaga agar pisik tetap sehat dan prima, penting diwujudkan dalam situasi pandemi sekarang ini.

Bambang Pur