blank

JAKARTA (SUARABARU.ID) Hujan yang mengguyur kota Bekasi, Jawa Barat sejak Sabtu sore (29/5/2021) menyebabkan sejumlah wilayah tergenang banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi melaporkan sejumlah wilayah yang tergenang banjir diantaranya, Perumahan Pondok Gede Housing 1 Kelurahan Jati Rahayu terdapat genangan sekitar 30-70 cm disekitar perumahan, Perumahan Bumi Nasional terdapat genangan 30-60 cm di dalam perumahan sementara dijalan utamanya terdapat genangan 30 cm,

Selanjutnya, Perumahan Jati Bening Permai ada genangan sekitar kurang lebih 60 cm, Perum Dosen IKIP Jatibening terdapat genangan sekitar 90 cm, Perumahan Pondok Hujau Permai pintu 2 genangan sekitar 30 cm, Jalan Utama Pasar Burung Kelurahan Pengasinan Kecamatan Rawa Lumbu Bekasi terdapat genangan 30 cm, Perumahan Narogong ada genangan 30 cm dan Perumahan Cahaya Kemang Permai ada genangan sekitar 30-40 cm.

“Genangan disejumlah titik dikarenakan curah hujan yang deras sejak sore tadi namun aliran air (saluran) tidak berfungai maksimal sehingga air lambat mengalir,” kata kata Petugas Call Centre BPBD Kota Bekasi, Rinto Butarbutar, Sabtu (29/5/2021) di akun Instagramnya.

Selain itu, pihak BPBD Kota Bekasi juga terus memantau tinggi muka akir (TMA) di Kali Bekasi khususnya aliran dari P2C (Pertemuan Kali Cileungsi dan Cikeas). Jika air terus bergerak maka personil disiapkan untuk antisipasi di Perum Pondok Gede Permai (PGP) dan titik lokasi lainnya yang berada di bantaran kali Bekasi.

“Alhamdulillan, saat ini hujannya sudah berhenti kemungkinan titik yang terdapat genangan bisa surut, dan TMA dilokasi bisa berubah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Agus Harpa Senjaya, M.Si menyebut situasi ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung cuaca. Jika hujan terus maka Tinggi Muka Air (TMA) bisa semakin naik. Namun jika hujan sudah reda atau berhenti makan air bisa surut.

KBRN