blank
Para pelaku pencabulan yang terjadi di Desa Pulongrambe, Kecamatan Tawangharjo, dihadirkan dalam gelar kasus, Selasa (2/3/2021). Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Seorang gadis di bawah umur berinisial IA (16) harus menjadi korban kebejatan empat lelaki. Dia diperkosa secara bergilir oleh para lelaki bejat itu.

Kejadian ini terjadi pada Rabu (23/2/2021) sekitar pukul 02.00 WIB, di Desa Pulongrambe, Kecamatan Tawangharjo.

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa ini bermula saat korban diajak Ir (25) ke rumah AW (18) di Desa Pulongrambe, Kecamatan Tawangharjo, melalui percakapan instan. Ajakan itu direspon oleh IA, yang tinggal di tempat kos di daerah Purwodadi.

Sesampainya di rumah AW, korban dipaksa Ir dan tiga rekannya yang lain, yakni MRS (16), RPK (14), dan VCP (18) untuk menenggak minuman keras jenis arak. Setelah itu, korban dirayu untuk melakukan hubungan badan. Namun, IA menolak ajakan tersebut.

“Korban diancam untuk berhubungan badan dengan salah satu tersangka, yakni Ir. Kemudian, tiga temannya yang lain membantu untuk memegangi tangannya. Setelah itu, tersangka melakukan perbuatan tersebut, bergantian dengan tiga temannya yang lain,” terang Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan saat gelar kasus di Halaman Mapolres Grobogan, Selasa (2/3/2021).

Usai diperkosa, korban pulang ke tempat kosnya di Purwodadi. Namun, saat sampai di kamar kosnya, korban mengeluh kesakitan pada dua rekannya yakni AW (18) dan G (24). Atas saran kedua temannya, korban diminta melaporkan kepada ayah kandungnya yang tinggal di Desa Curut, Kecamatan Penawangan.

Bak petir di siang bolong, S (39), sang ayah kaget mendengar suara hati anak perempuannya itu. Naluri sebagai seorang ayah tidak terima dengan perlakuan keempat laki-laki yang telah memperlakukan anaknya tidak wajar. Pihaknya langsung melaporkan keempat pemuda tersebut ke Mapolsek Tawangharjo, Rabu (24/3/2021).

Mendapatkan laporan tersebut, petugas unit Reskrim Polsek Tawangharjo langsung melakukan penyelidikan. Dalam waktu singkat, empat pelaku berhasil diamankan berikut barang bukti berupa celana pendek warna merah hitam, celana dalam warna putih dan selimut putih.

Modus yang dipergunakan tersangka, kata Kapolres, membujuk dan mengancam dengan kekerasan terhadap korban agar mau melakukan hubungan layaknya suami istri tersebut.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan pasal  81 ayat (1) subs pasal 82 ayat (1) UU RI Nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan PERPU RI NO. 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang RI  No 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Kami imbau kepada para orang tua yang memiliki anak perempuan yang masih di bawah umur agar tetap melindungi anak-anaknya agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas. Gunakan media sosial dengan bijak agar terhindar dari pengaruh pergaulan bebas,” jelas AKBP Jury.

Hana Eswe-wied