blank
Bupati Pacitan, Indartato (kedua dari kanan) bersama pejabat dari dinas terkait, melakukan peninjauan ke rumah Suratno di Dusun Kembang Kidul, Desa Sedeng, Kecamatan Pacitan yang rusak karena kelongsoran material tanah berbatu.(Foto:Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bencana tanah longsor, Rabu dinihari (27/1), terjadi di Desa Sedeng, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jatim. Menyebabkan seorang warga meninggal, karena tertimbun material longsoran tebing berupa tanah berbatu.

Korban tewas adalah Ira Desla Rianti (17), putri dari keluarga Suratno (50), penduduk Dusun Kembang Kidul RT 02/RW 04, Desa Sedeng, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Saat longsor terjadi pada Pukul 00.30, korban tengah terlelap tidur di kamarnya. Bersamaan itu, tebing di sebelah rumah ambrol dan longsor menjebol dinding rumah, serta menimbuni kamar tidur dimana Ira tidur.

Menurut warga, bencana longsor terjadi setelah turun hujan lebat berkepanjangan. Hujan turun sejak Selasa sore (26/1) sampai menjelang tengah malam. Sebelum kemudian terjadi bencana tanah longsor Rabu dinihari (27/1) Pukul 00.30.

blank
Material tanah berbatu yang longsor dari tebing, menjebol dinding tembok rumah Suratno dan menimbuni putrinya yang tengah tidur lelap Rabu dinihari (27/1) Pukul 00.30.(Foto:Humas Pacitan)

Bupati Melayat
Tim Humas Pemda Kabupaten Pacitan, Eriska, Rizky, Luky dan Arif, melaporkan, Rabu (27/1), Bupati Pacitan Indartato melakukan peninjauan ke lokasi bencana longsor, untuk sekaligus melayat ke rumah duka.

Kepada keluarga korban, Bupati Indartato menyampaikan rasa duka cita dan keprihatinan atas kejadian bencana alam tersebut. ”Nderek bela sungkawa, mugi-mugi almarhumah husnul khotimah, ingkang sabar nggih menika ujian. (Turut bela sungka, semoga almarhumah husnul khotimah, sabar ya ini adalah ujian),” tutur Bupati berupaya menguatkan mental keluarga korban agar tabah dan ikhlas.

blank
Bupati Pacitan Indartato (kanan) mendapatkan penjelasan tentang kronologi terjadinya bencana longsor yang menimpa rumah Suratno dan menewaskan Ira Desla Rianti.(Foto: Humas Pacitan)

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati didampingi Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo. Kepada keluarga korban, diserahkan uang santunan dan bantuan kedaruratan.

Warga yang bermukim di lereng perbukitan, diseru untuk hati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya. Utamanya dalam menyikapi cuaca ekstrem belakangan ini, yakni saat berlangsung hujan deras yang berpotensi memicu terjadinya bencana longsor.

Bambang Pur