Anggota Fraksi PKS menyerahkan bantuan untuk pengungsi Merapi di Banyurojo, Mertoyudan. Foto: Eko Priyono
MAGELANG (SUARABARU.ID) – Anggota DPRD Fraksi PKS Kabupaten Magelang mengunjungi Posko Evakuasi Bencana Merapi di Desa Banyurojo, Mertoyudan. Itu merupakan sister village atau desa sahabat Desa Paten, Kecamatan Dukun yang merupakan desa yang terancam letusan Merapi.
Para pengungsi yang tinggal sementara di tempat itu berasal dari Dusun Babadan 1, Paten, Dukun, Kabupaten Magelang.
Menurut keterangan Kepala Desa Banyurojo Iksan Maksum, terdapat 260 pengungsi yang terdiri dari anak-anak, lansia, dan ibu hamil.
“Kebutuhan yang paling mendesak untuk saat ini adalah air bersih, sehingga kami butuh pasokan dari luar. Apalagi jika nanti jumlah pengungsi semakin bertambah,” terang Iksan.
Dalam kesempatan itu FPKS menyerahkan bantuan kepada para pengungsi berupa perlengkapan kebutuhan sehari-hari seperti logistik makanan, obat-obatan, dan perlengkapan mandi cuci kakus.
“Kendala yang dihadapi oleh tim posko akan kami sampaikan kepada SKPD terkait, agar segera diambil tindakan cepat,” kata Arif Rahmanto ketua FPKS Kabupaten Magelang.
Dia juga berpesan kepada tim posko agar tetap menjaga kesehatan, dan menerapkan protokol kesehatan. Mengingat para pengungsi termasuk yang berisiko terdampak Covid-19.
Pengamatan dia, selain kebutuhan air bersih, dua hal yang mendesak adalah ketersediaan listrik dan koneksi internet untuk keperluan sekolah maupun komunikasi pengungsi dengan keluarga yang masih bertahan di Dusun Babadan.
Eko Priyono-trs