blank
Rumah berserta seluruh isi harta benda yang ada di dalamnya, semalam ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa, karena rumah dalam keadaan kosong, karena penghuninya berpergian.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Rumah milik Dimun (57), warga Dusun Bandung RT 01/RW 04, Desa Miri, Kecamatan Kismantoro (65 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri, semalam ludes terbakar beserta seluruh isi harta bendanya.

Camat Kismantoro, Andika, Jumat (23/10), menyatakan, tidak ada korban jiwa, karena saat kebakaran berlangsung rumah dalam keadaan kosong. Dimun beserta anggota keluarganya, Kamis malam (22/10), tengah bepergian. Pemicu kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Dugaan sementara, karena konsleting lsitrik pada jaringan yang terpasang.

Dari Posko Desa Miri, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Beny Suryanto, semalam melaporkan, kebakaran rumah ini berlangsung Pukul 19.30. Upaya pemadaman dilakukan oleh masyarakat, tapi terkendala tidak tersedianya alat pemadam kebakaran dan air di lokasi kejadian. Tiupan angin, membuat api yang membakar rumah cepat berkobar dan sulit dikendalikan.

blank
Personel prajurit dari Koramil Kismantoro Kodim 0728 Wonogiri, datang ke lokasi kebakaran untuk membantu penanganan dan pemadaman.

Kobaran Api
Pamong desa dan warga masyarakat yang berdatangan memberikan pertolongan, berupaya melakukan upaya melokasir kobaran api.Ini dilakukan, agar kobaran api tidak meluas ke rumah warga yang ada di sekitarnya. Dalam kobaran api yang makin membesar, sangat berbahaya bila harus ada tindakan menyelamatkan harta benda yang tersimpan di dalam rumah.

Serma Indra Hidayat dari Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, menyatakan, petugas piket Koramil Kismantoro Kodim 0728 Wonogiri semalam langsung datang ke lokasi, untuk membantu penanganan. Sebagai tindakan darurat, Dimun beserta anggota keluarganya, kini diungsikan ke rumah tetangga.

blank
Pemicu kebakaran diduga dari konsleting listrik. Api yang berkobar, sulit dipadamkan dan membakar ludes rumah beserta seluruh isinya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, Jumat (23/10), menyatakan, kebakaran rumah tersebut tidak dilaporkan ke UPTD Damkar Wonogiri. ”Itu tidak dilaporkan kepada kami,” jelasnya.

Tindakan pemadaman kebakaran yang dilakukan UPTD Damkar Pemkab Wonogiri, terkahir pada kebakaran kandang ternak milik Parno di Lingkungan Pondok RT 2/RW 1, Kelurahan Mlokomanis Kulon, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Itu berlangsung Jumat (16/10) lalu.

Bambang Pur