blank
KONI Kabupaten Magelang menggelar sosialisasi dalam rangka pemilihan ketua. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Magelang melakukan sosialisasi tahapan musyawarah olahraga kabupaten (Musorkab) kepada semua ketua cabang olahraga (cabor) anggota KONI Kabupaten Magelang.

Hadir dalam acara tersebut jajaran pengurus KONI dan para ketua cabor anggota KONI.

“Sosialisasi ini merupakan proses tahapan yang harus dilakukan oleh KONI sebelum digelarnya Musorkab yang direncanakan pada 24 Oktober 2020 yang akan datang,” kata Drs Asfar Istiyono Jumat 2 Oktober 2020.

Selanjutnya Asfar Istiyono selaku Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Bakal Calon Ketua Umum KONI Kabupaten Magelang menerangkan, KONI Kabupaten Magelang masa bakti 2016 – 2020 akan berahir pada 30 Oktober 2020.

Sesuai peraturan KONI Jawa Tengah, sekurang-kurangnya 21 hari sebelum musyawarah olahraga kabupaten, penjaringan dan penyaringan harus dilakukan. Oleh karena itu mulai Kamis 1 Oktober 2020 tahapan  dimulai dengan sosialisasi kepada anggota KONI dan masyarakat.

Drs Sanny B Tjahyono mewakili ketua umum KONI menjelaskan, musyawarah dilakukan empat tahun sekali sesuai AD ART KONI. Maka harus  dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai ajang konsolidasi organisasi. Agar ke depan KONI menjadi lebih solid dan produktif dalam meningkatkan prestasi olahraga.

Terkait hal itu KONI Kabupaten Magelang telah membentuk panitia musyawarah serta tim penjaringan dan penyaringan (TPP) bakal calon ketua umum KONI. Ketua Panitia dipercayakan kepada  Lilik Trihandoko dan ketua TPP dipercayakan kepada Drs Asfar Istiyono dan kawan-kawan yang berjumlah  sembilan orang terdiri enam unsur pengurus KONI dan tiga unsur ketua cabor anggota KONI Kabupaten Magelang.

Drs Suwarsa wakil ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) Bakal Calon Ketua Umum KONI Kabupaten Magelang dihadapan para ketua cabor menjelaskan, beberapa hari lalu tepatnya Rabu 23 September 2020

KONI telah mengadakan audensi dengan Bupati Magelang Zaenal Arifin untuk melaporkan persiapan musorkab, meminta arahan dan masukan demi suksesnya kegiatan dimaksud. Bupati menyampaikan harapan agar KONI Kabupaten Magelang pada masa pandemi covid -19 ini bisa berperan aktif dalam penanggulangan wabah virus covid -19 dengan cara mengajak masyarakat untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh.

Dengan berolahraga rutin dan teratur,  tetap mematuhi prosedur protokol kesehatan. Karena dengan cara berolahraga, imunitas dan kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik dan tidak rentan dengan segala penyakit.

Selanjutnya Drs Suwarsa menyampaikan jadwal dan tahapan penjaringan dan penyaringan bakal calon ketua umum KONI. Tanggal 2 sampai 5 Oktober 2020 pengumuman pendaftaran dan pengambilan formulir, 2 sampai 10 Oktober  pengembalian formulir pendaftaran.

Dia juga menyampaikan kriteria dan persyaratan bakal calon ketua umum KONI Kabupaten Magelang. Yakni mempunyai kemampuan manajerial dan sanggup bekerja penuh waktu untuk mengelola organisasi keolahragaan. Memahami, konsekuen dan konsisten melaksanakan AD ART KONI. Sanggup menjadi pengayom dan pemersatu semua unsur masyarakat olahraga.

Adapun persyaratan calon ketua umum KONI antara lain WNI yang berdomisili di wilayah Kabupaten Magelang dibuktikan dengan foto copi E-KTP dan KK,

berpendidikan minimal SMA atau sederajat dibuktikan dengan foto copi Ijazah, pernah menjadi pengurus KONI dan atau pengurus cabang olahraga atau mempunyai pengalaman mengelola atau membina olahraga atau pernah menjadi atlet berprestasi dibuktikan dengan foto copi dokumen yang syah.

Eko Priyono- trs