blank
Kepala Sekolah Ajib Setiyo S.Pd., M.Pd. (memegang buku) Waka Humas ian Qomariyah, S.Pd. (memegang plakat) berfoto bersama dengan peserta PLP dan dosen pembimbing lapangan Dr M Kanzunnudin (14/6/2024). Foto: UMK

KUDUS (SUARABARU.ID) – Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muria Kudus (PBSI UMK) melakukan penarikan mahasiswa  di SMAN 1 Mejobo Kudus yang diikuti lima mahasiswa, yang telah selesai melaksanakan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan), Jumat 14 Juni 2024..

Mahasiswa UMK yang selesai mengikuti PLP adalah Ulia Ni’matul Musyassaroh, Yenny Lusiana Sari, Kholifatun Maulintia Fajriati, Dinita Charissa Ludviana, dan Ana Siti Faridatul Bahiyyah kembali ke kampus.

Kepala Sekolah SMAN 1 Mejobo Kudus, Ajib Setiyo, S.Pd., M.Pd. hadir dalam acara tersebut berdama Drs. Sulikan (Waka Kurikulum), Dian Qomariyah, S.Pd. (Waka Humas), Virliana Utrami, S.Pd. (guru pamong), dan Indrayani Nurwahyuningsih, S.Pd. (guru pamong).

Ajib Setiyo, S.Pd., M.Pd., yang akrab disapa Pak Ajib, dalam sambutannya menyatakan bahwa SMAN 1 Mejobo selalu terbuka untuk dijadikan tempat praktik atau magang bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus (UMK). Dan PLP atau Pengenalan Lapangan Persekolahan ini merupakan pelaksanaan kerja sama antara SMAN 1 Mejobo dengan PBSI UMK.

Lebih lanjut, Pak Ajib berpesan kepada para mahasiswa yang telah melakukan PLP, dapat menyerap ilmu dan keterampilan yang telah dipraktikkan di SMAN 1 Mejobo melalui binaan kepala sekolah dan wakil sekolah serta bimbingan guru pamong.

blank
Dosen pembimbing lapangan, Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.memberikan kenang-kenangan dari  kepada kepala sekolah SMAN 1 Mejobo, Ajib Setiyo, S.Pd., M.Pd. (14/6/2024) Foto: UMK

“Hal ini berkaitan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan penilaian dalam pembelajaran. Juga, bagaimana cara menghadapi para siswa dengan berbagai karakternya,” kata Ajib.

Sebagai kepala sekolah, Ajib juga mengharapkan pengalaman PLP di SMAN 1 Mejobo dapat membekali dan mendasari mahasiswa agar kelak jika menjadi guru memiliki kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional.

Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. sebagai dosen pembimbing lapangan,     mengucapkan terima kepada SMAN 1 Mejobo yang telah bersedia menjadi tempat praktik mengajar bagi mahasiswa PBSI UMK.

“Kami berharap adanya kerja sama antara guru SMAN 1 Mejobo dengan dosen PBSI dalam penulisan artikel ilmiah yang dimuat di jurnal ilmiah bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Bahkan Prodi PBSI siap membantu para guru SMAN 1 Mejobo menghasil artikel ilmiah untuk di muat di jurnal ilmiah milik PBSI UMK. Karena PBSI UMK telah memiliki jurnal ilmiah bernama KREDO, KALA, dan SINESIS,” ujar Kanzunnudin.

Kegiatan penarikan PLP diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama.

Rls-UMK