blank
 Hewan kurban yang disembelih warga Desa Pengkok, Kedawung, Sragen masuk rekor jumlah terbanyak se Kabupaten Sragen, Senin (17/6/2024). Foto: Anind

SRAGEN (SUARABARU.ID) – Warga Desa Pengkok Kecamatan Kedawung, Sragen masih memegang rekor menyembelih hewan kurban terbanyak di Kabupaten Sragen. Betapa tidak? Desa Pengkok yang berpenduduk 12.000 jiwa lebih  itu saat Hari Raya Idul Adha Senin (17/6/2024) berkurban 171 sapi dan 84 kambing.

“Daging kurban selain dibagikan untuk Warga Pengkok, juga dikirimkan ke desa lain yang sebelumnya mengajukan permintaan,” terang Sugimin Cokro, Kades Pengkok saat dihubungi, Selasa (18/6/2024). Sudah sejak lama Warga Desa Pengkok sangat antusias dalam melaksanakan ibadah Idul Adha dengan kurban hewan ternak.

Warga Desa Pengkok dikenal taat beribadah serta kondisi perekonomian warga yang membaik. Bahkan diantara warga perantauan yang berasal dari Desa Pengkok, sering mengirimkan uang kepada keluarganya untuk keperluan membeli hewan ternak untuk kurban di Hari Raya Idul Adha.

Sugimin Cokro menambahkan, bingkisan hewan ternak kurban yang dibagikan lebih dari 1.000 bungkus. Selain membagikan daging kurban, panitia Idul Adha juga mengirimkan kambing hidup ke sejumlah warga di desa lain yang sebelumnya mengajukan permintaan lewat proposal.

Kambing hidup yang dikirim kemudian disembelih tepat di hari kurban. “Sudah lama kegiatan itu seperti itu kami lakukan dan atas kesepakatan panitia dan warga Desa Pengkok,” tambah Sugimin Cokro dengan nada optimistis.

Semangat berkurban Warga Pengkok, lanjut Cokro  sudah ditunjukkan sejak lama. Warga sudah terbiasa menyisihkan sebagian rezekinya untuk berkurban. Sebagian besar warga bekerja sebagai buruh tani, petani pemilik lahan. Ada juga ASN, pengusaha  serta pekerja perantauan.

“Warga Pengkok karakternya pekerja keras dan setiap Hari Raya Idul Adha banyak yang ikut berkurban,” terang Cokro.

Anind