blank
Rais Syuriyah MWC NU Tahunan, KH Aly Masykur saat memberikan tausiyah dihadapan Forkopimcam.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Kajian Ramadhan bersama para kiai Majelis Wakil Cabang (MWC NU) Tahunan yang digelar bersama Pemerintah Kecamatan Tahunan memasuki hari pertama Senin, (27/3/2023).  Acara yang bertajuk “Ngaji Bareng” bersama MWC NU Tahunan dan Forkopimcam ini secara rutin akan digelar sepekan ke depan di musholla Kecamatan Tahunan selesai sholat dhuhur.

blank
Suasana ngaji bareng di musholla Kecamatan Tahunan.

Mengawali kajian Ramadhan, KH Aly Masykur Rais Syuriyah MWC NU Tahunan dalam kesempatan itu menyampaikan pentingnya mencari ilmu. “Ngaji bareng ini merupakan bagian dari upaya mencari ilmu, terutama ilmu yang terkait syarat, rukun dan wajib puasa” kata Kiai Ali.

Lebih jauh Kiai Ali menjelaskan, salah satu manfaat ilmu adalah Allah akan memberikan rasa malu dan takut jika kita tidak mematuhi perintah Allah. “Dengan ilmu yang diberikan Allah, kita bisa meneliti, memahami dan mengoreksi diri sendiri sampai tidak mempunyai waktu untuk mengoreksi dan mencari kesalahan orang lain”, terang pengasuh Pondok API Randusari, Tahunan ini.

Sebagaimana dimaklumi, puasa adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap muslim yang akil baligh. “Sebenarnya saya lebih senang membahas rukun Islam kedua, yakni Shalat. Karena kalau seseorang shalatnya beres, maka semua ibadahnya akan beres”, ujar Kiai Ali.

“Hanya saja, karena ini berada di bulan Ramadhan dan instruksi PCNU Jepara memang melaksanakan kajian Ramadhan tentang fikih puasa, maka kita harus sami’na wa atha’na”, lanjut Kiai Ali.

Kiai Ali juga membacakan salah satu bab rukun puasa dalam Kitab Mau’idhatul Mukminin karya Syaikh Jamaluddin Al Qasimy Ad Dimsyaqiy yang merupakan ringkasan kitab Ihyaa Ulumiddin sebuah magna corpus karya Al Ghazaly.

Dalam kesempatan itu hadir juga Camat Tahunan Nuril Abdillah, Kapolsek Tahunan Iptu Sri Retno Biyanti, Koramil Tahunan, serta jajaran dari Pemerintah Kecamatan Tahunan dalam mengikuti kajian Ramadhan di hari pertama.

“Kegiatan Ngaji Bareng ini sangat bagus dan bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam bulan Ramadhan bisa menguatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT”, tutur Kapolsek Tahunan yang akrab dipanggil Bu Retno.

ua/yank