blank
Paniitia bersama Forkopimda dalam pameran bonsai tingkat Nasional di Kabupaten Jepara.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Untuk pertama kalinya, Kabupaten Jepara melalui Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Jepara menggelar pameran dan kontes bonsai berskala Nasional Minggu, (4/12/2022).

blank
Salah satu pohon bonsai yang dipamerkan.

Bertempat di Lapangan Tahunan Jepara, ratusan tanaman bonsai dipamerkan. Ketua Panitia dr. Rendra Riantoni melaporkan, pada pameran dan kontes Indonesia Bonsai Fighter (IBF) sekala Nasional ini diikuti oleh 854, dengan rincian dikelas prospek 442, kelas pratama 305, kelas madya 66, kelas utama 27, kelas in show 14.

Hadir dalam acara tersebut, Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Kepala DiskopUMKnakertrans Samiadji, Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf. Mukhammad Husnur Rofiq, Kepala Disparbud Zamroni Lestiaza, Ketua umum Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Erwin Wisamar.

blank
Lokasi pameran bonsai di Lapangan Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan Jepara.

Kepala DiskopUKMnakertrans Samiadji mengatakan, bonsai merupakan karya yang digemari dan menjanjikan. Bonsai ini digemari oleh penikmatnya karena nilai estetika dan cita rasa seni yang tinggi.

“Bonsai bisa menjanjikan bagi pemiliknya, karena bonsai memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memiliki pesona dan keelokan tersendiri,” kata Samiadji.

Ia menambahkan, ini merupakan kegiatan luar biasa yang mampu mengenalkan bonsai melalui acara ini. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini pencinta bonsai di Kabupaten Jepara terus terlestarikan,” tambahnya.

Kegiatan ini tidak lain juga mengali potensi dampak positif untuk peningkatan ekonomi dan menjadi tali silahturami bagi pencinta bonsai.

“Pemerintah Kabupaten Jepara mendukung kegiatan pameran dan kontes ini. Tentunya bukan sekedar menyalurkan hobi, namun meningkatkan perekonomian masyarakat,” tegasnya.

Menurut panitia, peserta paling jauh adalah dari Kota Aceh dan Kota Makasar. Dan berharap, dengan adanya pemeran dan kontes Indonesia Bonsai Fighter ini dapat menambah memacu semangat para pecinta bonsai dan bisa menjadi agenda tahunan.

Pembukaan pameran dan kontes bonsai nasional ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Dandim 0719/Jepara Letkol Inf. Mukhammad Husnur Rofiq.

Pemenang pameran dan kontes tersebut kategori Best In Show diraih Agus Kupu-kupu Tangerang, Best In Class Pratama diraih Adeki Pati, Best In Class Madya diraih Zunarto Surabaya, Best In Class diraih Utama Sunarya Aryama Bali.

ua/diskominfo