blank
Narasumber sosialisasi UU Pers Kompol Catur Kusuma Adi, Amir Machmud NS, dan Deka Hendratmanto dengan moderator Ali Bustomi. Foto: wied

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bupati Kudus Dr HM Hartopo ST, MM, MH mengatakan, yang menerangi bumi ini hanya matahari dan pers.

Bupati Kudus mengutip pernyataan Mark Twain tersebut dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Drs Jadmiko Muhardi Setiyanto dalam sosialiasi UU Pers dan Literasi Media di Hotel @Home Kudus, Kamis (1/12/2022).

Pers sebagai pilar keempat setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif menjadikan partisipasi media sangat dibutuhkan dalam pembangunan. “Pers sebagai penyambung komunikasi harus positif dalam menyampaikan pesan yang jelas dan berimbang,” kata Hartopo.

Bupati Kudus juga meminta agar media bisa menyampaikan kepada masyarakat pesan dan informasi kepada masyarakat. “Diharapkan pesan tetap berimbang dan tidak bias,” kata Hartopo.

Diingatkan pula, era digital saat ini semua orang bisa menjadi wartawan, dengan terbukanya media sosial. “Tetapi sebagai wartawan yang benar dan profesional, harus memahami kode etik,” ujar Hartopo.