blank
Muh Shofiyudin, M.Pd. (Foto: Unisnu)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bahasa Inggris menempati urutan pertama sebagai bahasa asing yang diakui di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai salah satu materi pada ujian nasional di SMP maupun SMA sederajat. Di Perguruan tinggi, bahasa. Inggris juga dijadikan sebagai mata kuliah wajib yang harus diambil dan dipelajari oleh mahasiswa di semua jurusan.

Mahasiswa diharapkan untuk dapat menguasai bahasa Inggris meskipun berada pada jurusan atau bidang apa pun. diantara tujuan diwajibkannya kemampuan berbahasa Inggris bagi mahasiswa khususya pada pemahaman literatur berbahasa Inggris.

Melalui Ngaji Grammar, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unisnu, Muh Shofiyudin, M.Pd. menggunakan pendekatan pinsip TOEFL. Prinsip pembelajaran TOEFL merupakan konsep pembelajaran yang sangat praktis dan cepat.

“Para pemelajar akan mampu menguasai tips dan trik serta kunci inti yang dapat dengan mudah dipahami secara logis meskipun tidak begitu memiliki dasar bahasa Inggris yang yang kuat,” katanya saat dimintai penjelasan (16/10-2022). Konsep tersebut dipilih untuk kegiatan pembelajaran cara mudah menguasai grammar bagi semua kalangan pemelajar agar mereka dapat mengikuti dan memahami materi yang disampaikan dengan lebih mudah, tambahnya.

Materi-materi yang disampaikan dalam Ngaji Grammar meliputi dasar-dasar grammar dan TOEFL serta implementasi pendekatan TOEFL pada penggunaan bahasa Inggris. Menurut Muh Shofiyudin, Ngaji Grammar sangat efektif untuk membantu pemelajar meningkatkan pemahaman berbahasa Inggris. “Pemelajaran grammar tidak harus dibahas secara detil, namun kuncinya harus aplikatif diterapkan,” jelasnya.

Diana – Muh Shofiyudin