blank
Penyerahan penghargaan UPZ OPD terbaik oleh Pj. Bupati Jepara, Edy Supriyanta.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Dalam upaya meningkatkan pengumpulan dan memberikan dorongan semangat kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jepara memberikan penghargaan kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) OPD teladan.

Bertempat di Pendapa Kartini Jepara, penghargaan diserahkan lngsung oleh Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara yang telah menyetorkan zakatnya setiap bulan sesuai dengan potensinya.

Penghargaan juga diberikan kepada DPUPR, Kecamatan Welahan, Batealit, Kembang, Mayong, Pakisaji, Puskesmas Bangsri 1, Puskesmas Nalumsari 1, dan Puskesmas Nalumsari 2.

Turut mendampingi Pj Bupati Jepara, Ketua Baznas Kab. Jepara Ir. H. Sholih, MM. Hadir pula dari Baznas RI yang diwakili oleh Direktur Penguatan Pengumpulan, Fitriansyah Agus Setiawan, serta Baznas Provinsi Dr. KH. Ahmad Daroji dan Dr. M. Zain Yusuf.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan, tanpa zakat dari ASN Baznas tidak dapat melaksanakan programnya. “Untuk itu saya mengajak kepada semua ASN untuk berzakat 2,5 % dari gaji yang diterimanya, yang tidak berkenan membuat surat pernyataan”, ujar Edy.

“Jumlah  ASN yang berjumlah lebih dari 7 ribu lebih dengan potensi 19 M, namun saat ini baru terkumpul 3,5 M harus dioptimalkan” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Jepara Ir. H. Sholih menyampaikan, di tahun sebelumnya Baznas Jepara sudah memberikan penghargaan kepada 16 UPZ teladan baik OPD tingkat Kabupaten maupun kecamatan.

“Penghargaan ini sebagai upaya untuk memberikan semangat dan motivasi bagi UPZ yang belum memenuhi potensi pengumpulan agar memenuhi potensinya”, tandasnya.

Upaya yang dilakukan baznas Jepara dalam meningkatkan pengumpulan antara lain dengan sosialisasi zakat kepada ASN yang ada di Jepara, distribusi hasil zakat ASN yang terhimpun dengan melibatkan para kepala OPD. Hal ini dilakukan Baznas Jepara sebagai upaya transparansi dan bentuk sinergitas OPD dengan Baznas Jepara.

ua/sal