blank
Para peserta Pelatihan Keterampilan Usaha Produktif Bidang Olahan Rempah (Foto: Balatkop)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Indonesia kaya akan tanaman rempahnya. Hal ini menginspirasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah melalui Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah untuk menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Keterampilan Usaha Produktif Bidang Olahan Rempah kepada 25 peserta. Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari di Balai Desa Tunjungseto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen (11/7-2022).

blank
Yusa Bramidha (Foto: Balatkop)

Kegiatan ini dihadiri oleh Sub Koordinator Penyelenggara Balatkop UKM Yusa Bramidha, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kebumen Agung Supri Haldoko.

blank
Agung Supri Haldoko (Foto: Balatkop)

Menurut Yusa Bramidha, pengolahan potensi lokal menjadi produk unggulan daerah merupakan upaya strategis untuk meningkatkan  komoditas daerah. “Peserta akan dibentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) agar bisa saling berkolaborasi dalam mengembangkan produk dari hasil pelatihan,” jelasnya saat membuka acara.

blank
Produk olahan rempah (Foto: Balatkop)

Sementara, Agung Supri Haldoko menambahkan para peserta dengan kreativitasnya dan keinovatifannya mampu membuat turunan produk olahan rempah untuk bisa lebih dikembangkan dan dijadikan produk oleh-oleh khas Kebumen.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat, menambah wawasan serta ketrampilan peserta dalam mengolah potensi lokal yang dimiliki,” harap Agung. Kegiatan ini diharapkan pula dapat meningkatkan perekonomian dan mengentaskan garis kemiskinan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Kebumen, imbuhnya.

Alvars – Fery/Tri/Ardy-Balatkop