blank
Bupati Kendal Dico M Ganinduto sedang melihat pesawat aeromodeling di sebuah outlet pameran.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata(Disporapar) Kabupaten Kendal menggelar Jambore Aeromodeling, di Desa Sumbersari Kecamatan Ngampel, Sabtu(04/06/2022).

Jambore Aeromodeling ini, diikuti sekitar 150 peserta dari sejumlah daerah kabupaten dengan peserta paling jauh Bangkalan Madura.

Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, mengatakan, tujuan dari diadakannya Jambore Aeromodeling ini, untuk memberikan wadah bagi pembinaan generasi muda, sebagai tokoh muda yang berkualitas, kreatif, dinamis berjati diri dan mengenal wawasan olahraga aeromodeling yang luas khususnya di Kabupaten Kendal.
Selain itu, juga bisa melahirkan olahraga aeromodeling sebagai salah satu event pariwisata yang strategis dan menarik kunjungan wisatawan.

“Olahraga Aeromodeling menjadi salah satu cabang olahraga yang tidak hanya menumbuhkan daya minat berolahraga saja, melainkan juga sebagai wadah pemersatu sekaligus media promosi pariwisata di Kabupaten Kendal,”kata Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, dalam sambutannya.

Ircham Chalid juga mengatakan, olahraga aeromodeling ini bisa menumbuhkan ekonomi kreatif bagi pemuda yang ada di Desa Sumbersari, Kecamatan Ngampel.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengatakan, pihaknya berkomitmen akan mengembangkan olahraga aeromodeling yang ada di Kabupaten Kendal ini.
Mudah- mudahan, olahraga aeromodeling ini bukan hanya berpengaruh terhadap pegiat olahraga aeromodeling saja, tapi juga berpengaruh kepada peningkatan perekonomian desa.

“Kami akan fokus terhadap pembangunan pariwisata, terutama pariwisata berbasis fox tourism. Dan olahraga aeromodeling ini, menjadi salah satu olahraga yang kami dorong di Kabupaten Kendal,”papar Dico.

Mudah- mudahan, lanjut Dico,olahraga aeromodeling ini bisa menjadi percontohan salah satu kampung aeromodeling terbaik di Indonesia.

Dico berharap, setelah dua tahun pandemi Covid-19 mengguncang kesehatan dan ekonomi di Indonesia bahkan dunia, semoga kegiatan olahraga aeromodeling ini, bisa menjadi kebangkitan perekonomian yang ada di Kabupaten Kendal.

“Kegiatan ini bisa kami dorong terus. Jika hari ini ada 150 peserta, mudah- mudahan ke depan ada 1000 peserta, dan kompetisinya pun bisa semakin baik lagi,”ucap Dico.

Ketua panitia Jambore Aeromodeling, Sutrisno mengatakan, Jambore Aeromodeling ini terselenggara berkat kolaborasi antara pegiat olahraga aeromodeling yang ada di Kabupaten Kendal dengan Pemkab Kendal.

“Dalam rangka mendukung program pemerintah yakni bidang pariwisata(Sport Tourism). Kami mengadakan event pertama Jambore Aeromodeling ini dengan skala nasional dari pilot- pilot aeromodeling se Indonesia,”kata Sutrisno.

Sutrisno mengaku, peserta yang paling jauh yakni, dari Bangkalan Madura, Malang, Jabodetabek, Cirebon dan yang paling dekat yakni klub aeromodeling Jawa Tengah termasuk dari Kendal sendiri.

“Untuk kejuaraan dari Jambore Aeromodeling ini, kami ambil juara I, II dan III. Hadiahnya yakni, tropi, piagam bupati dan uang pembinaan yang totalnya mencapai Rp 25 juta. Sapawi