blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyatna didampingi Plt Direktur RSU RA Kartini dr Vita Ratih Nugraheni saat menunjau pelayanan di RSUD RA Kartini. (Foto: Kominfo)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Penjabat Bupati (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta meminta respon cepat layanan kesehatan masyarakat di rumah sakit.

Pernyataan tersebut disampaikan saat meninjau fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum (RSUD) R.A Kartini Jepara, pada Kamis (2/6-2022) pagi. Ikut mendampingi Pelaksana Tugas (Plt.) Dinas Kesehatan Eko Cahyo Puspeno, dan Kepala Diskominfo Jepara Arif Darmawan.

“Pelayanan kesehatan ini harus cepat. Termasuk melakukan jemput bola kepada pasien,” kata Edy.

Karena itu Edy meminta RSUD. R.A Kartini sebagai rumah sakit rujukan untuk merespon cepat pasien yang dirujuk dari Puskesmas dan layanan kesehatan lainnya.

Menurut Edy, pelayanan yang cepat akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan di bidang kesehatan di daerah.

Ia menegaskan, jika pelayan kesehatan bisa ditangani di RSUD R.A Kartini dengan baik, maka masyarakat tidak perlu jauh berobat ke luar Jepara.

Edy juga meminta manajemen untuk terbuka apa yang sedang dihadapi. “Jika memang ada kendala sampaikan kendala yang dihadapi.

Sementara karyawan, baik medis maupun penunjang medis di rumah sakit, diminta disiplin, dan tepat waktu dalam memberikan pelayanan.

“Tepat waktu untuk datang, tepat waktu melaksanakan operasi, serta tepat waktu memberikan pelayanan lainnya. Jangan sampai molor,” katanya. Hal penting lain adalah sikap ramah dan perhatian pada pasien, tambahnya.

Edy menegaskan, dirinya tidak ingin mendengar lagi adanya keluhan masyarakat, khususnya pelayanan di rumah sakit dan puskesmas. Sehingga RSUD R.A Kartini ini menjadi rumah sakit dambaan masyaraakt Jepara untuk mendapatkan fasilitas pengobatan di rumah sakit rujukan.

“Pelayanan maayarakat jangan sampai putus. Kita akan dorong agar Rumah Sakit Kartini ini, menjadi dambaan masyarakat di Jepara,” katanya.

Sementsra Plt. Direktur RSUD R.A Kartini Jepara dr. Vita Ratih Nugraheni mengatakan, saat ini RSUD RA Kartini sedang menambah beberapa fasilitas layanan kesehatan. Salah satunya yaitu fasilitas katerisasi jantung.

Menurut dr Vita, saat ini alat sudah ada dan tinggal menunggu ijin. Mudah-mudahan bisa segera beroperasi dan segera dimanfaatkan masyarakat,” kata dia.

Alvaros