Edy Supriyanta, Andang Wahyu Triyanto, Muhammad Burhan, sejumlah tokoh NU, dan para pejabat terkait (Foto: Lesbumi)

JEPARA (SUARABARU.ID)– Mengambil lakon Ki Ageng Bangsri Laskar Tunggul Wali, ketoprak Lesbumi Jepara menyelenggarakan pentas Sabtu malam (28/5-2022) di Gedung MWC NU Bangsri.

Para pemain ketoprak dan ketua Lesbumi (Foto: Ngateman)

Hadir dalam pagelaran tersebut PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Andang Wahyu Triyanto, sejumlah tokoh NU, dan para pejabat terkait.

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, ketoprak ini merupakan salah satu media tradisional untuk menggali nilai luhur dalam kearifan lokal dan budaya nusantara.

Ketua PCNU KH. Charis Rahman, anggota DPRD Jateng Andang Wahyu Triyanto serta Wakil Ketua DPRD KH Nuruddin Amin (Foto: Ngateman)

Edy juga akan menggagas panggung seni budaya di Kabupaten Jepara. Kesenian tradisional yang ada di Jepara akan ditampilkan secara rutin dalam panggung seni budaya tersebut.

“Kita akan buat panggung seni budaya. Bisa kita pakai pendopo kabupaten atau Alun-alun Jepara. Agar bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata dia.

Andang Wahyu Triyanto mengatakan, rasa nasionalisme ini bisa tumbuh kembang melalui sejarah dan budaya. Jepara sangat kental dengan budaya dan sejarah.

Sementara Sutradara pementasan Aminan Basyari mengatakan, belum banyak masyarakat yang mengetahui cerita tentang Ki Ageng Bangsri. Sosok legendaris bagi masyarakat Bangsri ini, tidak hanya sebagai cerita legenda tapi menjadi cerita sejarah.

Tokoh Ki Ageng Bangsri ini tercatat dalam babad dan pernah hidup dalam sejarah. Dalam babad tanah Jawi disebut anak Ki Ageng Selo adalah Nyai Ageng Bangsri. Ada kemungkinan Ki Ageng Bangsri adalah menantu Ki Ageng Selo.

Alvaros