blank
Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen dr Widodo Suprihantoro memberi sambutan pada temu media di sebuah rumah makan Jumat 27/5.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Rumah Sakit Umum Daerah dr Soedirman (RSDS) Kebumen kini telah mengembangkan Soedirnan Telemedicene guna mendekatkan pelayanan kepada pasien.

Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen dr Widodo Suprihantoro MM Jumat (27/5) menjelaskan, telemedicine merupakan layanan medis online yang memungkinkan dokter atau tenaga medis memberikan pelayanan kesehatan dari jarak jauh, menggunakan perangkat gadget.

Telemedicine ini bertujuan memberikan dukungan klinis, berguna untuk mengatasi hambatan geografis dan jarak, bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat, dan melibatkan penggunaan berbagai jenis perangkat teknologi informasi.

“Kami berharap ke depan telemedicine ini akan memudahkan dan mempercepat masyarakat dalam mengakses pelayanan Kesehatan RSUD dr Soedirman,”terang Widodo pada temu pers sekaligus halal bihalal dengan media.

Widodo juga menyampaikan inovasi pelayanan di RSUD dr Soedirman. Khususnya menyangkut komunikasi dan informasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, yang tentu sangat membutuhkan dukungan media untuk penyebaran informasi dan keberlanjutannya.

Miliki Soedirman Podcast

Yang terbaru, lanjut Widodo, saat ini RSUD dr Soedirman Kebumen telah memiliki media promosi, komunikasi, informasi dan edukasi seputar pelayanan kesehatan secara online yang dikemas dalam bentuk program “Soedirman Podcast”.

Pihaknya telah menyediakaj sarana prasarana dan ruangan podcast seoptimal mungkin. Hal itu untuk mempercepat dan mempermudah penyebarluasan informasi komunikasi pelayanan Kesehatan di RSUD dr Soedirman Kebumen.

“Kita sangat berharap dan menunggu, rekan-rekan media dan pihak terkait yang kompeten untuk bisa berkolaborasi dengan tim Soedirman Podcast,”imbuh dokter Widodo.

Adapun pengembangan pelayanan kesehatan pada 2022 ini yakni akan membuka pelayanan poli subspesialis anak, subspesialis bedah kandungan dan urologi. Khusus dokter spesialis urologi pada Juni ini akan tamat sehingga pihaknya telah menyiapkan sarana praktik.

Widodo menargetkan pada 2024 RSUD dr Soedirman Kebumen telah naik kelas menjadi Tipe B. Saat ini berbagai persiapan terus dilakukan menuju pelayanan lebih baik. Pada 2023 akan terus mematangkan peningkatan pelayanan medis serta sarana dan prasarana menuju rumah sakit Tipe B.

Komper Wardopo