blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis menyerahkan bantuan keuangan parpol.kepada Ketua DPC PDIP Perjuangan Kota Magelang yang juga Ketua DPRD, Budi Prayitno, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pemkot Magelang menyerahkan bantuan keuangan kepada partai politik (Parpol) di Kota Magelang di Pendapa Pengabdian, Jumat (27/5). Bantuan diserahkan Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Magelang Agus Satiyo Hariyadi menjelaskan, bantuan keuangan yang diterima oleh masing-masing partai politik sesuai Peraturan Walikota Magelang nomor 15 tahun 2020 tentang Tata Cara Penghitungan dan Besarnya Bantuan Keuangan kepada Partai Politik di Kota Magelang Periode Tahun 2020-2023 Berdasarkan Hasil Pemilu 2019.

‘’Ada 8 partai yang mendapatkan bantuan keuangan ini, total besaran mencapai Rp 568.199.000,’’ ujarnya.

Besaran bantuan masing-masing parpol berbeda. Untuk PDIP sebesar Rp 197 juta, PKS Rp 79 juta, Partai Demokrat Rp 77,9 juta, PKB Rp 67 juta, Golkar Rp 49,6 juta, Partai Gerindra Rp 42,7 juta, Partai Hanura Rp 33,8 juta dan PPP 20,6 juta.

Wali Kota Muchamad Nur Aziz mengutarakan, kedudukan parpol sangat penting bagi Kota Magelang, karena tanpa parpol kehidupan berdemokrasi tidak akan mungkin berjalan dengan baik.

Dia meyakini, meski besaran bantuan tidak seberapa tapi diharapkan dapat membangun partai modern dengan pilar-pilarnya.

‘’Mudah-mudahan dengan dana yang memang sudah kita sepakati bersama itu menjadi modal, dan mampu mendorong partai-partai yang ada di Kota Magelang,’’ ujarnya.

Menurutnya, sebanyak 8 partai yang berhak menerima anggaran ini diharapkan bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Parpol merupakan kepanjangan tangan rakyat, di mana rakyat itu membutuhkan “nyawiji” dengan parpol termasuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang.

‘’Saya selaku kepala daerah tidak henti-hentinya mengucapkan terima kasih atas partisipasi parpol, dan inilah bukti bahwa kita semua ini menyatu antara eksekutif dan legislatif,’’ lanjut dokter spesialis penyakit dalam tersebut.

Kegiatan penyerahan bantuan keuangan parpol dihadiri Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, Ketua DPRD Kota Budi Prayitno, Ketua KPU Basmar Perianto Amron, para ketua dan bendahara parpol penerima bantuan keuangan, dan segenap tamu undangan.

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl
Editor : Doddy Ardjono