blank
SANTUNAN - Walkota Tegal Dedy Yon menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris almarhum Ketua RT. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono memberikan santunan kematian kepada ahli waris Ketua RT 08 RW 05 Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal almarhum Moh Nuridin, Rabu (25/05/2022).

Saat penyerahan Wali Kota didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal, Heru Setyawan, Kepala BPJamsostek Mulyono Adi Nugroho Cabang Tegal. Dedy Yon secara pribadi mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga almarhum Moh Nuridin.

“Kami sampaikan duka cita atas meninggalnya Bapak Nuridin, semoga diterima segala amal kebaikan dan ibadahnya mudah-mudahan diterima di sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujar Dedy.

Selain itu, Wali Kota juga menyampaikan bahwa apa yang diberikan kepada keluarga almarhum Nuridin merupakan program dari Pemerintah Kota Tegal yakni jaminan kematian untuk ketua RW dan Ketua RT. “Jaminan ini diharapkan nantinya dapat membantu meringankan keluarga yang ditinggalkan,” ujar Dedy .

Dedy juga menambahkan bahwa program tersebut ada pada tahun ini, bulan Maret kebetulan ada Ketua RT yang meninggal dan ke depan bukan hanya ketua RT dan RW saja, namun untuk sekretaris dan bendahara. “Ke depan Insya Allah untuk sekretaris dan bendahara juga, untuk Kota Tegal jumlahnya kurang lebih 1.200 Ketua RW dan RT, kalau nantinya program melebar ke bendahara dan sekretaris maka ada tiga kali lipat, itu menjadi 3.600 orang,” ujar Dedy.

Kepala BPJamsostek Cabang Tegal Mulyono Adi Nugroho menyampaikan bahwa ada perlindungan untuk ketua RT dan Ketua RW di program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. “Iurannya berdasarkan UMK Kota Tegal untuk satu orang dihitung sebulannya hanya Rp10.800, melindungi Ketua RT dan Ketua RW ketika mereka menjalankan tugas dan ketika ada risiko meninggal dunia, ini ada yang meninggal kita berikan santunan sebesar Rp 42 juta,” ujar Adi Nugroho.

Sementara itu, perwakilan keluarga almarhum Moh Nuridin, Noval, menyampaikan rasa terima masih kepada Pemerintah Kota Tegal dan BPJamsostek Cabang Tegal yang telah memberikan bantuan santunan kematian. “Terima kasih banyak untuk Pemkot dan BPJamsostek yang telah memberikan santunan kematian,” ujar Noval.

Nino Moebi