blank
Suasana wisuda dan pemberian sertifikat kepada guru pengajar Al- Qura'an di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Forum Ukhuwah Silaturahmi Pendidikan Al-Qur’an (FUSPAQ) Kabupaten Kendal, mewisuda 397 orang guru pengajar Al-Qur’an Marhalatul Ula angkatan ke-33 di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kamis(26/05/2022).

Para wisudawan dan wisudawati ini, sebelumnya telah mengikuti pelatihan atau pendidikan selama tiga bulan. Mereka yang mengikuti pelatihan, dari berbagai latar belakang pendidikan.

“Karena mereka akan kami butuhkan untuk mengajar Al- Quran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ), maka di FUSPAQ itu, mewajibkan para calon guru Al- Qur’an harus mengikuti pelatihan atau pendidikan,”kata Ketua FUSPAQ Kabupaten Kendal, H. Mustamsikin.

Menurut H. Mustamsikin, pelatihan atau pendidikan dilaksanakan selama tiga bulan di dua tempat, yakni di MTs Arahmat Sukorejo dan di Kecamatan Bawang Batang.

“Untuk yang di Bawang ini, pesertanya yang berasal dari Kabupaten Batang, sedangkan yang di Sukorejo pesertanya dari Kabupaten Kendal,”ujar H. Mustamsikin.

Jumlah wisuda sebanyak 397 yang diwisuda ini, lanjut H. Mustamsikin, 300 orang guru pengajar Al- Qur’an dari Kabupaten Kendal, yang 97 orang ini dari Kabupaten Batang.

“Wisuda ini sekaligus juga pemberian sertifikat, bahwa guru pengajar ini harus bisa mumpuni dalam memberikan materi Al- Qur’an kepada peserta didiknya. Jangan sampai guru pengajar Al- Qur’an ini keliru dalam memberikan pelajaran Al- Qur’an terutama dalam pengucapan Al- Qur’an. Tajwid atau bagaimana cara melafalkan huruf Al- Qur’an itu juga harus benar,”papar H. Mustamsikin.

Sedangkan materi penunjang yang diberikan oleh guru pengajar kepada peserta didiknya yakni, psikologi perkembangan anak, dan bagaimana menulis yang baik dan benar huruf arab, terutama yang ada di dalam Al- Qur’an. Sapawi