blank
Inspektur Jenderal, Razilu didampingi Kakanwil Yuspahruddin saat bersilaturahmi di tempat KH Munif Muhammad Zuhri (Gus Munif), pengasuh Pondok Pesantren Girikusumo. Foto: Dok/Humas Kanwil Kumham

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Inspektur Jenderal, Razilu bersilaturahmi di tempat KH Munif Muhammad Zuhri (Gus Munif), Pengasuh Pondok Pesantren Girikusumo, Rabu (25/5/2022).

Dalam kegiatan silaturahmi, Razilu yang didampingi Kakanwil Jateng, A. Yuspahruddin memperkenalkan diri dan menjelaskan terkait tugas dan fungsi yang diemban Kementerian Hukum dan HAM.

Sementara itu Yuspahruddin juga menjelaskan tentang wilayah kerja Kanwil Kemenkumham Jateng yang membawahi 71 Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Dalam silaturahmi ini juga diikuti Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru Fajar, Kepala Bagian Program dan Humas Budhiarso W, dan Kepala Rutan Demak Riski B.

Selain membahas sejarah berdirinya pondok pesantren dan perkembangan Islam di Demak, Razilu dan Kakanwil sempat berziarah ke Makam Kasepuhan Girikusumo.

Diketahui, di Makam Kasepuhan Girikusumo tersebut bersemayam makam dari KH. Hasan Muhibat atau Ki Ageng Giri atau Mbah Hadi. Ki Ageng Giri sendiri bergaris keturunan wali, yaitu bertalian darah keturunan Sunan Pandanaran I (Semarang) dan Sunan Tembayat (Klaten).

Ning Suparningsih