blank
Atap rumah warga Kalikakar Wonosobo yang terbang tersapu angin kencang. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Hujan deras yang disertai angin kencang terjadi hampir di seluruh wilayah Wonosobo Jawa Tengah beberapa hari terakhir ini.

Akibatnya salah satu rumah warga di Kelurahan Kalikajar, Kecamatan Kalikajar Wonosobo porak-poranda disapu angin ribut yang disertai hujan deras.

Kepala BPBD Wonosobo Bambang Trie, Selasa (24/5/2022), melaporkan ada satu rumah warga milik Titik Dwi Murwati warga Kampung Ngadisari RT 04 RW 04, Kelurahan Kalikajar, Kecamatan Kalikajar yang rusak.

“Atapnya hilang tersapu angin kencang. Beberapa isi rumah juga mengalami kerusakan dan terguyur air hujan. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Korban sempat lari ke luar saat peristiwa terjadi,” ujarnya.

Menurutnya, peristiwa tersebut bermula pada saat wilayah tersebut diguyur hujan deras disertai angin kencang sekitar pukul 13.00 WIB. Pada saat bersamaan atap rumah korban beterbangan.

Angin Kencang

blank
Relawan BPBD Wonosobo dan warga setempat berusaha memperbaiki rumah korban. Foto : SB/Muharno Zarka

Dijelaskan, sekitar pukul 15.45 WIB warga sekitar mendengar suara angin yang cukup keras selama kurang lebih 10 menit. Para warga pun tidak ada yang berani ke luar rumah.

“Saat sudah reda, para warga ke luar rumah dan melihat atap rumah milik korban sudah hilang terbawa angin. Warga pun berusaha mencari seng yang kabur tapi tak berhasil menemukan,” jelasnya.

Semua anggota keluarga selamat dalam peristiwa rusaknya rumah yang dihuni oleh 5 orang anggota keluarga tersebut. Namun korban mengalami kerugian material sekitar Rp 10 juta

Pihaknya bersama relawan Kecamatan Kalikajar, Pemerintah Kelurahan Kalikajar beserta masyarakat telah melakukan pembenahan lokasi dan pemasangan matrial atap pada rumah korban.

Muharno Zarka