blank
Serah Terima Jabatan (Sertijab) sekaligus pisah sambut General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK Tanjung Jati B).Pucuk pimpinan PLN UIK Tanjung Jati B diserah terimakan dari Rachmat Azwin kepada Hari Cahyono. .(Foto : Humas PLN UIK TJB )

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bertempat di Gedung Energo,  komplek PLTU Tanjung Jati B, Senin 23 Mei 2022 berlangsung acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sekaligus pisah sambut General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK Tanjung Jati B).Pucuk pimpinan PLN UIK Tanjung Jati B diserah terimakan dari Rachmat Azwin kepada Hari Cahyono.

Acara tersebut diikuti oleh oleh seluruh pegawai, mitra kerja serta perwakilan dan pimpinan seluruh asset operator, asset owner, dan  manajemen PLTU UIK Tanjung Jati B (PT Central Jawa Power, PT TJB Power Services, PT KOMIPO Pembangkitan Jawa Bali (KPJB), PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, PT AdhiGuna Putera, PT PJB Services. Hadir Direktur Regional Jawa, Madura & Bali PLN, Haryanto WS dan EVP HTD PLN, Daru Tri Tjahjono,  melalui online conference.

blank
Penandatanganan berita acara serah terima jabatan GM PLN UIK TJB ( Foto Humas PLN TJB)

Seremonial serah terima jabatan dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan, penandatanganan Surat Kuasa Usaha, penyerahan Memori Sertijab dan juga penyerahan kunci estafet berupa kunci Inggris emas yang secara metaforis menandakan beralihnya kepemimpinan operasional PLTU Tanjung Jati B dari Rachmat Azwin kepada Hari Cahyono.

BACA JUGA Pasca Tanggul Jebol, PLN Respon Cepat Amankan Jaringan Listrik

Dalam sambutannya, Rachmat Azwin menceritakan sekilas tentang hal ihwalnya di PLTN Tanjung Jati B, “Tidak terasa tiga tahun berlalu, 2019 sampai 2022, kebersamaan saya bersama kita semua disini.

PLTU Tanjung Jati B menurut  Rachmat Azwin merupakan pembangkit listrik yang menjadi andalan di sistem Jawa Bali, kontribusinya 10% memasok kelistrikan di Jawa Bali dengan efisiensi terbaik. “Artinya PLTU Tanjung Jati B sangat diperlukan sistem, untuk itu mari sama-sama kita jaga kehandalannya,” ujarnya.

blank
Serah Terima Jabatan (Sertijab) sekaligus pisah sambut General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK Tanjung Jati B).Pucuk pimpinan PLN UIK Tanjung Jati B diserah terimakan dari Rachmat Azwin kepada Hari Cahyono. (fIOTO : Humas PLN UIK TJB)

Permasalahan teknis memang selalu ada, tapi semua itu bisa kita selesaikan dengan kaidah-kaidah yang terbaik. “Saya ucapkan terima kasih untuk kolaborasi yang luar biasa, kolaborasi antara asset owner, asset management dan asset operator setelah 6 tahun PLTU Tanjung Jati B mendapatkan proper hijau pada tahun 2013 – 2018,” ungkapnya. Akhirnya di tahun 2019 mendapatkan proper emas. Ini semua hasil kolaborasi yang baik, dan kita bisa mengulanginya di tahun 2020 dan 2021, tambahnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Haryanto yang telah banyak memberikan arahan dan bimbingan dalam kami mengelola PLTU Tanjung Jati B. Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman asset owner, asset operator atas kerjasamanya yang baik, sehingga semua tugas bisa berjalan baik, dan mudah-mudahan ke depan PLTU Tanjung Jati B menjadi lebih baik lagi.” pinta  Azwin.

Selanjutnya, Hari Cahyono selaku General Manager PLN UIK Tanjung Jati B yang baru juga menyampaikan sambutan dan harapannya, “Alhamdulilah tadi sudah kita ikuti seremonial serah terima dan pisah sambut General Manager PLN UIK Tanjung Jati B. Telah banyak testimoni dan legacy-legacy yang telah diberikan oleh Pak Azwin. Terima kasih banyak Pak Azwin,” ujar Hari Cahyono. Tentu saja ini akan kita pertahankan dan kita tingkatkan di kemudian hari, tambahnya.

Caranya menurut Hari Cahyono adalah dengan  menjaga kehandalannya,  berkolaborasi, bersinergi bersama, kita kerahkan seluruh sumber daya. “Mudah-mudahan dengan kolaborasi dan sinergitas yang sangat baik kita akan mempertahankan dan meningkatkan Tanjung Jati B ini menjadi pembangkit yang sustain dan terus jaya sampai dengan end of lifenya.,” paparnya.

BACA JUGA Jaga Kelestarian Tempur PLN UIK Tanjung Jati B Bantu Ratusan Bibit Pohon Beringin dan Karet

Kita gunakan best practice / standar-standar praktis di dunia, baik di asset managemen maupun standar-standar praktis yang lain yang sudah teruji untuk meningkatkan kinerjanya.  Terima kasih atas kerjasama selama ini dengan asset owner, asset management dan asset operator,” tutur Hari.

Di penghujung acara, Direktur Regional Jawa, Madura & Bali PLN, Haryanto WS  memberikan pandangan dan arahannya terhadap PLN Tanjung Jati B. Bahwa PLN Tanjung Jati B adalah PLTU yang luar biasa. PLTU yang begitu strategis perannya di dalam sistem Jawa Bali.

Haryanto WS mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran PLN Tanjung Jati B yang telah bekerja keras dalam menghadapi masa pandemi dengan segala tantangannya, sehingga PLTU Tanjung Jati B bisa beroperasi secara maksimal meskipun terdapat beberapa kekurangan. “

BACA JUGA Kunjungan Danrem Makutarama Tingkatkan Hubungan Baik PLN Tanjung Jati B dan Jajaran TNI

“Berkat kerja keras dari operator dan juga tim Tanjung Jati B bisa melawati masa pandemi dengan baik tanpa adanya hal-hal yang mengkhawatirkan. Juga selama masa krisis batu bara. Meskipun disana-sini masih ada kekurangan, PLTU Tanjung Jati B dapat beroperasi dengan baik sehingga tetap bisa survive dan mendukung sistem kelistrikan di Jawa Bali.

“Pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Rachmat Azwin yang telah kurang lebih 3 tahun mendedikasikan tenaga dan pikirannya di PLTU Tanjung Jati B dengan segala prestasinya yang diraih selama 3 tahun ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang baik ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra PLTU Tanjung Jati Raya yang telah bekerja sama sehingga tugas Pak Azwin bisa dilaksanakan dengan baik di Tanjung Jati B ini. Selamat kepada Pak Hari Cahyono dengan tugas yang baru.

BACA JUGA Peduli Lingkungan, PT PLN UIK Tanjung Jati B Dampingi Desa Mandiri Sampah

“Saya mohon dukungan dari keluarga besar PLTU Tanjung Jati Raya untuk bisa bersama-sama berkolaborasi untuk bisa mengoperasikan dan menunjukkan performance PLTU Tanjung Jati B ini dengan lebih baik lagi di waktu-waktu yang akan datang. Sekali lagi terima kasih kepada segenap jajaran SDM dan juga stakeholder di Tanjung Jati ini, dan kita yakin PLTU yang kita banggakan ini akan tetap eksis, akan tetap menunjukkan performance yang luar biasa di dalam mendukung sistem kelistrikan di Jawa Madura dan Bali,” pungkas Haryanto WS.

Di sesi terakhir sebagai penutup rangkaian acara sertijab dan pisah sambut General Manager PLN Tanjung Jati B ini, dilantunkan doa bersama dengan iringan harapan dan permohonan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk tercapainya harapan dan cita-cita serta kelancaran atas segala langkah yang akan ditempuh ke depan.

Hadepe