blank
Menikmati hidangan malam di Borobudur, di warung bakmi Pak Muri. Foto: Widiyartono R.

BOROBUDUR (SUARABARU.ID) – Suatu ketika di tahun 2019, saya menginap di sebuah hotel di Borobudur. Ketika hendak makan malam, kami bingung, mau ke mana. Maunya sih makan yang santai, angkringan, atau kalau malam-malam makan bakmi agaknya enak.

Ya, karena tidak tahu, akhirnya muter-muter sampai Muntilan, kemudian makan tongseng di sana. Ya, maka ketika berkunjung ke suatu tempat memang perlu orientasi dulu, termasuk yang terkait dengan makanan. Sehingga tidak perlu jauh-jauh seperti yang saya lakukan.

Bulan April lalu, kembali kami menginap di Borobudur. Dengan bekal informasi yang baru, akhirnya kami tak kesulitan menemukan tempat makan yang enak, murah, tetapi memuaskan, dan nyenengke (menyenangkan).

Tempat makan itu adalah Warung Bakmi Pak Muri, di Jalan Balaputradewa, Borobudur. Ternyata tidak jauh dari hotel tempat saya menginap dulu, tidak sampai 30 meter. Tetapi ya, karena saat itu “kurang informasi”, begitulah jadinya.

Suguhan di Konser Mariah Carey

Pemilik warung ini Bernama Muhammad Muri, dan menamai tempat usahanya “Warung Bakmi Pak Muri”. Warung bakmi ini memang boleh dibilang “tidak sembarangan”.

Baca juga Bakmi Pak Muri, Santapan Malam yang Menyenangkan dan Mengenyangkan di Borobudur

Bagaimana tidak? Ketika ada konser diva Mariah Carey di Taman Lumbini, kompleks Candi Borobudur, beberapa waktu lalu, ternyata bakmi Pak Muri dipesan untuk suguhan para tamu dalam konser itu. Dan, tentunya juga buat sang diva Mariah Carey.

Warung bakmi ini ternyata sudah menjali langganan para artis yang singgah di Borobudur. Karena Borobudur juga menjadi tujuan wisatawan internasional, maka penikmatnya juga tak jarang orang asing. Dan tentu saja Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang memang biasa kulineran juga mampir di sini.

“Waduh, saya kok tidak tahu ada bakmi enak di sini ya. Padahal saya kan tinggal tidak terlalu jauh dari Borobudur,” ujar Dita yang tinggal di Salaman, sekitar 15 kilometer dari Borobudur.