blank
Ganjar memberikan ucapan selamat kepada Menhub Budi Karya Sumadi, yang menerima anugerah gelar kehormatan Honoris Causa dari UGM. Foto: humas pemprov jateng

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyampaikan sukacita atas penganugerahan gelar kehormatan Honoris Causa, yang diterima Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Senin (23/5/2022).

Terlihat sejumlah anggota DPR RI hadir dalam acara itu. Antara lain anggota DPR Rachmad Gobel dan Lasarus. Budi Karya, kata Ganjar, memang layak menerima gelar HC ini.

Menurutnya, Budi Karya merupakan sosok yang berkomitmen tinggi terhadap profesinya, dan sangat berpengalaman.

BACA JUGA: Puluhan Mahasiswa UMK Ditunda Wisudanya Gegara Dugaan Pemalsuan Sertifikat

”Mas Budi memang layak dapat anugerah ini. Satu yang membahagiakan adalah, pada saat setelah dua tahun menahan diri, Alhamdulillah kemarin mudiknya relatif lancar,” ungkap Ganjar.

Apalagi momen mudik Lebaran 2022, yang disebut Ganjar berjalan relatif baik dan lancar. Budi Karya juga melahirkan sejumlah terobosan mudik yang sangat efisien. Salah satunya mudik gratis dengan kapal.

”Merayu rakyat agar yang naik sepeda motor tidak masuk ke jalan raya, maka diangkut semua pakai kapal. Itu yang menurut saya keren,” pujinya.

BACA JUGA: Rendahnya Tingkat Keselamatan Transportasi Berdampak ke Sejumlah Sektor

Selain terobosan saat mudik Lebaran 2022, lanjut Ganjar, Budi juga sedang mengerjakan terobosan moda transportasi ramah lingkungan.

”Hari ini yang beliau sedang kembangkan, ada motor baterai. Itu yang sekarang sedang dikembangkan. Sistem transportasi yang ramah lingkungan, pakai baterai sangat luar biasa,” tutur Ganjar.

Sebagai sesama pengurus Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama), Ganjar mengaku banyak dibimbing oleh Budi Karya. Meski lebih senior secara angkatan dan usia, Ganjar menyampaikan, Budi Karya sangat rendah hati.

BACA JUGA: Semarang Banjir, BPBD Evakuasi Pekerja Pabrik Terjebak Rob

”Saya senang sebagai teman yang sangat lama, apalagi di Kagama kita bareng terus. Dedikasinya luar biasa, dan beliau sangat low profile untuk mengerjakan kerjaan segede itu, tapi masih rendah hati,” tandasnya.

Sebagai informasi, Menhub Budi Karya Sumadi menerima anugerah gelar kehormatan Honoris Causa di bidang transportasi oleh UGM. Anugerah itu diberikan atas kinerja Budi Karya Sumadi, yang sebagai Menhub telah membangun sistem transportasi lebih kuat.

Selain itu, UGM menilai Menhub Budi Karya Sumadi juga telah berhasil menghubungkan daerah-dareah terpencil, dengan transportasi yang memadai. Serta mengembangkan moda transportasi yang ramah lingkungan dan sustainable.

Riyan