blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Danlanal Cilacap Kol Laut Slamet Subagyo pada Festival Logedingdi muara Kalibodo kawasan Pantai Logending Ayah, Minggu 22/5.(Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH membuka gelaran Festival Logending di objek wisata Pantai Logending, Kecamatan Ayah, Minggu (22/5/2022).

Festival Logending ini merupakan sinergi Pemkab Kebumen dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap. Kegiatannya menghadirkan festival musik dan lomba dayung kano tingkat pelajar dan umum.

Acara dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Ketua Tim Penggerak PKK Iin Windarti Sugiyanto, Kapolres AKBP Burhanuddin, Dandim 0709 Letkol Inf Eduard Hendri dan jajaran kepala dinas terkait.

Bupati Kebumen menyatakan, objek wisata Logending ini atau yang lebih dikenal dengan Pantai Ayah, merupakan sebuah potensi yang ikonik untuk kebumen, dimana potensi wisata yang ada ini, bisa menjadi penggerak potensi ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Kebumen.

“Dengan adanya event kali ini diharapkan akan semakin mengenalkan keberadaan Logending dengan segala potensinya ke masyarakat luas,”ujar Arif Sugiyanto usai membuka acara dengan pemotongan tumpeng.

blank
Lomba perahu kano pelajar meramaikan Festival Logending di Pantai Ayah, Kebumen, ,Minggu 22/5.(Foto:SB/Kominfo)

Bupati menjelaskan, melihat Pantai Ayah adalah potensi wisata yang luar biasa untuk dikembangkan sebagai gerbangnya pariwisata di Kabupaten Kebumen. Diera kepemimpinannya saat ini, pengembangan sektor wisata tidak secara merata, namun pihaknya akan memfokuskan satu titik wisata untuk dikembangkan secara maksimal.

“Di era kepemimpinan kami bantuan untuk pariwisata ini tidak merata, namun memfokuskan satu titik pengembangan wisata agar lebih maksimal dan bisa menjadi ikonnya kebumen,”ujar Arif Sugiyanto.

Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Dia mengakui, Pantai Ayah yang berbatasan dengan wilayah Cilacap itu pernah menjadi ikon Kebumen. Namun sekarang penurunannya cukup drastis sehingga perlu ada festival semacam ini untuk menggebrak keunggulan dan daya tarik wisatawan.

“Sekarang sudah bisa kita lihat ada lomba kano, kemudian ini ada perahu-perahu masyarakat bisa digunakan untuk menikmati keindahan Pantai Logending dan ada hutan mangrove yang lestari karena masyarakat jaga bertahun-tahun. Intinya apa? melestarikan lingkungannya, dapatkan keuntungannya, keuntungan alam keuntungan oksigen juga keuntungan memperoleh pendapatan untuk peningkatan ekonomi,”ujar Arif Sugiyanto sembari mengunjungi hutan mangrove.

Danlanal Cilacap Kolonel Laut Sugeng Subagyo berterima kasih kepada Bupati dan Pemkab Kebumen yang telah bersinergi melaksanakan Festival Logending. Melalui sinergitas kegiatan tahunan ini pihaknya berharap ada dampak terhadap kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan perekonomian wilayah pesisir Logending.

“Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun, namun sempat terhenti 2 tahun akibat pandemi covid 19 dan ini juga sejalan dengan program angkatan laut, bahwa dimanapun berada Angkatan Laut bekerja nyata untuk masyarakat institusi bangsa dan negara,”jelas Kolonel Laut Sugeng Subagyo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kebumen, Muhammad Arifin menjelaskan, Festival Logending merupakan salah satu even yang diselenggarakan Disparbud guna mendukung program Kebumen Semarak dan Kebumen Manglingi.

Menurut Arifin, even ini digelar guna mempromosikan pariwisata yang ada di Kebumen guna meningkatkan pendapatan asli daerah.
“Even ini digelar selama 2 hari dari 21 hingga 22 Mei 2022, berbagai rangkaian kegiatan yang kami tampilkan diantaranya festival musik pelajar dan umum lomba dayung untuk pelajar dan umum serta penanaman mangrove di pesisir Pantai Logending,”terang Arifin.

Komper Wardopo