blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis mengikuti kegiatan ''Magelang Sepeda Sehat 2022'' bersama masyarakat, Minggu (22/5), (Bag Prokompim/Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sekitar 3.000 peserta mengikuti “Magelang Sepeda Sehat 2022” dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-1116 Kota Magelang, Minggu (22/5). Start dari halaman belakang Kantor Wali Kota Magelang dan berakhir di lokasi yang sama.

Para peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut, setelah lama tidak ada kegiatan serupa akibat pandemi Covid-19. Mereka berasal dari Kota Magelang dan sejumlah komunitas pecinta sepeda dari luar daerah.

‘’Target awal jumlah peserta kelipatan 2 dari usia Kota Magelang, yakni 2.232 orang. Tapi sampai hari pelaksanaan ternyata bertambah, jadi sekitar 3.000 peserta,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Magelang, Candra Adi W.

Rutenya mengelilingi Kota Magelang dengan melewati jalur lambat di wilayah ini. Kalaupun ada peserta melewati jalur umum, ada petugas maupun marshal dari Komunitas Sepeda Indonesia (KSI) yang mengarahkan dan membatasi.

‘’Kami arahkan peserta agar mereka pakai jalur lambat/sepeda. Tapi karena peserta banyak boleh pakai jalur umum tapi ada pembatasan, ada petugas yang berjaga,’’ tuturnya.

Dia menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan budaya bersepeda. Selain untuk kesehatan juga untuk aktivitas sehari-hari.
Hadiah utama yang diperebutkan uang tabungan Rp 14 juta dari Bank Jateng, Rp 5 juta dari BPR Bank Magelang dan ratusan hadiah hiburan lainnya.

Kegiatan juga diramaikan dengan aneka kuliner UMKM Kota Magelang, terdiri sekitar 30 UMKM binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang.

Wali Kota Muchamad Nur Aziz mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengguna sepeda di Kota Magelang. Selain itu, sepeda sehat menjadi bagian upaya menyukseskan visi Kota Magelang Maju, Sehat dan Bahagia.

‘’Saya ingin Kota Magelang ini Maju, Sehat dan Bahagia. Ke depan harapannya peserta bisa lebih banyak sampai 10.000 peserta,’’ harap dokter spesialis penyakit dalam tersebut.

Kegiatan Magelang Sepeda Sehat juga diikuti Wakil Wali Kota M Mansyur, Forkopimda Kota Magelang, segenap pejabat dan pegawai pemkot setempat.
Dua peserta berhasil mendapat hadiah utama adalah Budi Wahyono asal Jurangombo Selatan mendapatkan uang tabungan Rp 14 juta, dan Muchtar dari Yon Armed mendapatkan Rp 5 juta.

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl
Editor : Doddy Ardjono