blank
Ganjar (kiri), menyambut Jokowi yang datang di Pasar Muntilan. Foto: humas pemprov jateng

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendampingi kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo, di Magelang, Sabtu (21/5/2022). Ganjar mengikuti blusukan Jokowi, saat memberikan bantuan pada pedagang di Pasar Muntilan.

Kehadiran Jokowi langsung membuat ribuan pedagang dan masyarakat antusias. Mereka saling berebut mendekat, untuk bersalaman dan minta foto bersama.

Tak hanya Jokowi, Ganjar yang mengenakan batik lengan panjang juga tak luput dari sasaran. Pedagang dan warga saling berdesakan untuk bersalaman dengan Ganjar sekaligus selfie.

BACA JUGA: Subur Isnadi Secara Aklamasi Terpilih Lagi Jadi Ketua Umum KONI Kendal Masa Bakti 2022-2026

Ganjar dengan ramah melayani mereka berselfie. Sesekali dia menanyakan soal barang dagangan atau persoalan kesehatan.

”Dodolan nopo bu, mugo-mugo laris nggih. Sampun vaksin dhereng? (jualan apa bu, semoga laris ya. Sudah vaksin belum?),” tanya Ganjar pada salah satu pedagang.

”Sampun pak, mpun ping tigo (sudah pak, sudah tiga kali),” jawab mereka kompak.

BACA JUGA: Haruskah Membiarkan Kekalahan Menjadi “Kebiasaan”?

Ganjar juga mendampingi Jokowi saat membagi-bagikan sembako dan bantuan sosial pada pedagang. Saat Jokowi berpesan agar bantuan tidak digunakan untuk membeli handphone, Ganjar juga ikut mengingatkan.

”Bantuane ampun ngge tumbas handphone nggeh bu (bantuannya jangan untuk buat beli handphone ya bu). Buat beli minyak goreng, beli sembako dan kebutuhan pokok lainnya,” pesan Jokowi, dan diiyakan penerima bantuan.

”Tenane, mangke nggo tumbas rokok bojone (nanti buat beli rokok suaminya),” canda Ganjar disambut tawa presiden.

BACA JUGA: Desain Kreatif Kemasan Produk Kuliner Punya Daya Beli Tinggi

Ada dua agenda dalam kunjungan kerja Jokowi ke Magelang ini. Di antaranya memberikan bantuan pada pedagang Pasar Muntilan, dan memberikan sambutan acara Rakernas Projo di Balkondes Ngargogondo, kawasan Borobudur.

Dalam kunjungannya ke Pasar Muntilan, Jokowi menyampaikan, stok minyak goreng curah sudah aman. Dia menemukan, harga minyak goreng curah Rp 14.500 per liter di pasar itu.

”Minyak goreng sudah aman. Saya cek di Pasar Muntilan tadi stok ada dan harganya Rp 14.500 per liter. Besok saya cek di pasar-pasar lain, dan saya minta dalam waktu dekat harganya semua sudah seperti itu,” pinta Jokowi.

Riyan