blank
Wahyu Mahaputra Assistant Manager TJSL PLN UIK Tanjung Jati B

JEPARA (SUARABARU.ID) – PLN UIK Tanjung Jati B kembali membuktikan komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan di Jepara dengan memberikan bantuan berupa bibit pohon beringin lokal dan bibit pohon karet kebo kepada masyarakat Desa Tempur Kecamatan Keling Kabupaten Jepara.

blank
ibit pohon beringin lokal dan bibit pohon karet kebo

Bantuan yang termasuk dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ini secara simbolis diserahkan oleh Tim TJSL PLN UIK Tanjung Jati B dan diterima oleh Carik desa Tempur, Ahmad Mahfudz pada Jumat (20/5-2022) di balai desa Tempur.

Assistant Manager TJSL PLN UIK Tanjung Jati B, Wahyu Mahaputra, yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan bahwa Berdasarkan program prioritas PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B Tahun 2022 terdapat program upaya rehabilitasi lingkungan dan keseimbangan keanekaragaman hayati di Jepara. Desa Tempur merupakan salah satu desa di Jepara yang memiliki tingkat kerawanan longsor kategori tinggi, sehingga dibutuhkan upaya untuk tetap menjaga kelestarian hutan dan lingkungan.

BACA JUGA Manfaatkan Limbah Batu Bara untuk Bangun Infrastruktur, Menteri BUMN Apresiasi PLN

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan penanaman pohon disekitar sumber mata air, selain untuk menjaga ketersediaan air juga sebagai penanggulangan tanah longsor. Kegiatan ini turut berkontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada poin 15 yaitu Ekosistem Daratan.

blank
Bantuan berupa 400 pucuk bibit pohon beringin lokal dan 100 pucuk bibit pohon karet kebo kepada desa Tempur

“Pada program TJSL kali ini kita memberikan bantuan berupa 400 pucuk bibit pohon beringin lokal dan 100 pucuk bibit pohon karet kebo kepada desa Tempur. Ini juga merupakan wujud nyata peran serta perusahaan dalam mendukung upaya rehabilitasi lingkungan dan keseimbangan keanekaraman hayati di Jepara.” tutur Wahyu.

BACA JUGA Kunjungan Danrem Makutarama Tingkatkan Hubungan Baik PLN Tanjung Jati B dan Jajaran TNI

Carik desa Tempur yang menerima bantuan bibit ini memberikan apresiasinya kepada PLN UIK Tanjung Jati B, “Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan bibit pohon beringin dan karet kebo yang telah diberikan ini oleh PLN, dan ini sangat bermanfaat bagi desa Tempur untuk perlindungan dan menjaga sumber mata air yang ada di desa Tempur.” Ringkas Ahmad.

BACA JUGA Peduli Lingkungan, PT PLN UIK Tanjung Jati B Dampingi Desa Mandiri Sampah

Setelah serah terima bantuan bibit pohon beringin lokal dan bibit pohon karet kebo ini sementara waktu masih ditampung di balai desa, selanjutnya juga akan dilakukan penanaman bersama-sama oleh warga Desa Tempur yang diinisiasi oleh Pemdes Tempur pada keesokan harinya.

BACA JUGA Jaga Kelestarian Tempur PLN UIK Tanjung Jati B Bantu Ratusan Bibit Pohon Beringin dan Karet

Salah satu aspek tanggung jawab sosial perusahaan adalah keterlibatan perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pada Pasal 74. Bantuan bibit pohon ini diharapkan akan dapat membantu rehabilitasi lingkungan dan keseimbangan keanekaragaman hayati serta meningkatkan citra baik PLN dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Hadepe