blank
Para peserta berfoto bersama seusai mengikuti Diskusi Publik dengan tema ''Self Love'' yang digelar BEM USM bekerja sama dengan Fakultas Psikologi USM.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- ”Manusia itu tidak sempurna, jadi berikan maaf kepada diri sendiri atas semua kesalahan yang pernah kita buat, berpikir positif terhadap diri, dan cintailah dirimu dengan segala kelebihan dan kekuranganmu.

Hal itu diungkapkan Koordinator BPO BEM Psikologi, Ada Kartika Sari dalam Diskusi Publik yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Univesitas Semarang (USM) bersama Fakultas Psikologi, baru-baru ini.

Kegiatan yang digelar kerja sama dengan Forum Intelektual Muda (FIM) dan komunitas literasi yang ada di USM itu mengambil tema ”Self Love”.

Kegiatan dilakukan secara luring di Gazebo Taman USM. Kegiatan ini dimoderatori Yuliya Setiyaningsih, anggota BPO BEM Psikologi. Adapun Pemantik pada kegiatan ini adalah Koordinator BPO BEM Psikologi, Ada Kartika Sari.

Menurut Ada, konsep cinta diri atau self love ini tidak hanya cinta saja, namun juga harus menerima diri kita mulai dari fisiki, fokus pada kelebihan kita bukan malahan fokus pada kekurangan diri, stop menghakimi diri, dan sisakan waktu untuk berterima kasih pada diri sendiri.

”Self love ini diangkat pada diskusi karena banyak orang yang mengaku cinta pada dirinya, namun ternyata sering melontarkan kata-kata negatif untuk dirinya sendiri, seperti ternyata aku bodoh dan tidak berguna,” kata Ada.

Direktur FIM dan Literasi BEM USM Daffa Rachman mengatakan, diskusi publik bersama fakultas psikologi ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan BEM USM bekerja sama dengan FIM dan Komomunitas literasi di USM.

”Kegiatan ini diharapkan dapat terus ada di setiap tahunnya, sehingga budaya literasi di lingkungan USM dapat lestari,” ucap Daffa.

Sementara itu, Yuliya mengatakan, sticknotes dibagikan ke peserta untuk menjawab pertanyaan, seperti apakah kamu mencintai dirimu?, apa yang kamu sukai dari dirimu sendiri?, apa keunikan atau kelebihan yang kamu punya?, dan bagaimana cara kamu menumbuhkan self love bagi dirimu sendiri?.

”Jawaban dari pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa cinta para peserta dengan dirinya sendiri,” ungkap Yuliya.

VV/Muha