blank
Ganjar bersama Menkeu Singapura, Lawrence Won, membahas beberapa hal untuk penguatan ekonomi kedua belah pihak. Foto: humas

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Jawa Tengah dianggap sebagai salah satu provinsi yang menarik bagi Singapura. Usai Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Desmond Lee menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada Maret lalu, kini giliran Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong.

Lawrence datang langsung ke kediaman Ganjar di Puri Gedeh, Rabu (18/5/2022) malam. Dalam pertemuan yang berlangsung serius tapi santai itu, membahas sejumlah topik di antara kedua belah pihak. Poin penting adalah, kerja sama antara Singapura dan Indonesia, khususnya dengan Jateng.

”Ini kunjungan resmi pertama saya ke Indonesia sebagai Menteri Keuangan. Dan saya ingin datang secepat mungkin ke Indonesia, karena Indonesia sangat penting untuk Singapura,” katanya.

BACA JUGA: Bupati Kudus Kagumi Kaligrafi Karya Siswa SMP 2 Gebog

Dia menambahkan, Singapura dan Indonesia memiliki kedekatan, terutama dalam dua tahun terakhir. Kedua negara bekerja sama melewati pandemi dan menguatkan kooperasi, dalam bidang ekonomi kesehatan dan respon pada pandemi.

”Singapura telah menjalin kerja sama dengan sejumlah daerah, di antaranya Jakarta, Batam, Karimun, dan sekarang di Jawa Tengah. Saya berterimakasih pada Pak Ganjar, untuk keramahannya, memberi waktu menerima saya, dan mewujudkan pertemuan yang penuh kehangatan ini,” jelasnya.

Lawrence juga menyebutkan, Singapura memiliki proyek yang sedang dikembangkan di Jateng, khususnya di Kawasan Industri Kendal. Dia mengapresiasi kepemimpinan dan dukungan Ganjar terkait proyek itu.

BACA JUGA: Bonus Emas SEA Games Vietnam untuk Beli Rumah di Semarang

”Kita menunggu lebih lanjut untuk melakukan lebih banyak hal di sini, khususnya di bidang capacity building, pengembangan sumber daya manusia, dan melanjutkan kerja sama menarik. Kami berharap, akan ada lebih banyak investor ke sini, yang akan secara langsung menguntungkan warga lokal di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyambut baik kedatangan Lawrence. Dia menyampaikan, ada beberapa agenda yang dibicarakan dalam pertemuan itu.

”Karena beberapa bulan yang lalu juga hadir Menteri Pembangunan, dan Duta Besar kita juga sangat aktif sekali. Kita bicara pembangunan yang sudah berjalan, terkait dengan kerja sama antara Indonesia dengan Singapura,” ungkapnya.

BACA JUGA: Tujuh Macam Buah dan Sayur Mengandung Vitamin K Beserta Manfaatnya

Ganjar menyampaikan, ada banyak kerja sama yang akan dilakukan. Di antaranya, kerja sama di kawasan industri, potensi pelabuhan yang akan dibuat, capacity building yang akan dikembangkan dan beberapa hal lainnya.

”Kita juga mencoba untuk menawarkan model kerja sama yang bisa dilakukan. Dan bukan tidak mungkin, kerja sama ini bisa kita perlebar ke tempat yang lain. Tentu Jawa Tengah akan mendapatkan manfaat yang cukup banyak,” tutur dia.

Gubernur juga menyebut, adanya komitmen yang sudah dibangun, sampai hari ini berjalan dengan baik. Pihaknya juga akan selalu mengawal ini, sehingga komitmen yang sudah dilakukan itu bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Riyan