blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Direncanakan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Penjabat Bupati Jepara, menggantikan posisi Dian Kristiandi yang berakhir 22 Mei nanti  akan dilakukan di Semarang pada tanggal 22 atau 23 Mei 2022. Sedangkan nama Penjabat Bupati Jepara akan diumumkan pada tanggal 20 atau 21  Mei 2022.

Pelantikan direncanakan akan dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Gedung Gradika Bhakti Praja. Bersamaan dengan Jepara juga akan dilakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Penjabat Bupati Batang, Banjarnegara dan Penjabat Walikota Salatiga.

Di samping itu akan dilakukan juga pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Jepara, Batang, Banjarnegara dan Salatiga. Jabatan ini secara otomatis  dijabat oleh istri bupati / walikota.

“Pengisian penjabat bupati ini mengacu pada UU No. 10 Tahun 2016 yang disempurnakan menjadi UU No 6 tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.  Berdasarkan ketentuan pasal 210 ayat 10 UU No. 10 tahun 2016 menyebutkan penjabat bupati/walikota  akan diisi dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama,” ujar Wakil Ketua DPRD Jepara  Junarso.

Sejumlah nama dikabarkan memiliki peluang menduduki jabatan Penjabat Bupati Jepara. Namun karena  tiga nama yang diusulkan Gubernur Jawa Tengah tersimpan rapat, maka muncul spekulasi nama-nama Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Jawa Tengah yang berpeluang.

Di antaranya adalah Drs Sinoeng Nugroho Rahmadi, MM, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwista Jawa Tengah, dan  Ratna Kawuri SH yang menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap Provinsi Jawa Tengah.

Juga ada nama Kepala Biro Perekonomian Setda Povinsi Jawa Tengah  Edy Sulistiyo Bramiyanto, SE,MM, Kepala Bakesbangpol Provinsi Jateng, Heurudin, SH, MH, Kepala Biro Pemerintahan, Otonomi Daerah dan Kerjasama Muhamad Masrofi S.Sos, M.Si, serta Kepala BKD Drs Wisnu Zaroh.

Juga ada nama Supriyadi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, dan Arief Jadmiko Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan dari  lingkungan Pemkab Jepara    Sekda Jepara, Edy Sujatmiko, S.Sos, MM, MH juga dikabarkan berpeluang.

Hadepe