blank
Ketua Umum GMPK Wonosobo Idham Cholid ketika berbincang dengan Kapolres AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi. Foto : SB/dok Humas GMPK

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), Komunitas Pedagang Kecil (Kompak) dan Together We Life (Towel) Wonosobo menggelar audiensi dengan Kapolres AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi di Mapolres setempat.

Ketua GMPK Wonosobo Idham Cholid, Kamis (19/5/2022), mengatakan audiensi dilakukan untuk silaturrahmi sekaligus perkenalan dengan Kapolres yang baru menjabat beberapa hari di wilayah hukum Wonosobo itu.

“Kapolres baru, saya memanggilnya Mas Eko. Sebelumnya berdinas di Polda Metro Jaya Jakarta. Baru seminggu ini di Wonosobo. Tagline-nya “Berkolaborasi”. Dengan siapapun dan pihak manapun, Mas Eko siap bekerjasama,” ujarnya.

Hal itu, sambung pria yang pernah menjabat Ketua DPRD Wonosobo dan anggota DPR RI itu, tentu atas dasar gagasan untuk mewujudkan kemajuan dan kemaslahatan masyarakat Wonosobo seperti yang diharapkan banyak pihak.

Dikatakan Idham, Mas Sa’ad Priyono dkk pedagang kecil yang tergabung dalam Kompak khususnya jelas sangat tersanjung. Betapa tidak? Pasalnya, Mas Eko terang-terangan mengakui bahwa dia juga pedagang kecil.

Ngopi Bareng

blank
Usai menerima audiensi GMPK, Kompak dan Towel, Kapolres AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi foto bersama. Foto : SB/dok Humas GMPK

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo Puspito, SIK MSi mengaku dirinya juga bakulan. “Di Jakarta saya jualan pecel lele di Pedagang Kaki lima (PKL). Pernah berurusan dengan Satpol PP juga,” katanya disambut tawa teman-teman.

Dengan membuka “rahasia” itu, menurut Idham, Mas Eko tidak sekadar bercanda. Justru, sebagai Kapolres, dia bersikap terbuka dan apa adanya. Dia mempunyai frekuensi yang sama dan berkomitmen memberdayakan ekonomi rakyat.

Apalagi pasca global pandemi Covid-19 seperti saat ini, keberpihakan para penentu kebijakan harus lebih jelas dan tegas. Dengan demikian gerakan pemulihan ekonomi di masyarakat bisa segera terwujud dan langsung dirasakan manfaatnya.

Salah satu gagasan yang segera akan diwujudkan, tiap malam Minggu halaman Mapolres Wonosobo akan dibuka. Polisi dan warga bisa duduk santai bersama, ngopi dan menikmati angkringan.

“Ide sederhana tapi sangat luar biasa. Tentu pedagang kecil akan merasakan dampaknya nanti. Semoga ide brilian tersebut segera dapat direalisasikan,” tandasnya.

Muharno Zarka