blank
Wahyu Endang Setyowati Dosen, Pengelola Pendayagunaan Lulusan Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula

SEMARANG – mMdia Zoom dibuka, terlihat beberapa peserta Zoom meeting mulai terlihat menyiapkan diri. Rapi, sigap, sangat komunikatif dengan pengantar Bahasa Inggris yang fasih. Beberapa saat kemudian terjadilah komunikasi interaktif antara para peserta meeting dengan host dan para pewawancara yang berwajah Timur Tengah, yang kemudian diketahui bahwa pewawancara ini adalah User dari Rumah Sakit yang ada di Timur Tengah.

Fasih dan menguasai pertanyaan, itulah potret yang dapat dilihat dari calon alumni Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) yang sudah mempersiapkan diri berkarir di dunia internasional. Akhir dari wawancara tersebut adalah keputusan tentang hasil seleksi rekruitmen perawat untuk berkarir di rumah sakit yang ada di Mekah dan Madinah. Bila tidak perubahan, maka di pertengahan tahun 2022 para alumni ini akan terbang ke Tanah Suci untuk bekerja sebagai perawat dan mengabdikan diri berkarir di dunia internasional. Gambaran kegiatan seperti ini telah menjadi rutinitas di akhir pendidikan Ners Keperawatan Unissula, terutama di lima tahun belakangan ini.

Program unggulan, mungkin ini adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kegiatan tersebut. Tidak berlebihan, karena program ini menjadi magnet yang menarik calon mahasiswa Unissula saat menentukan pilihan mau kemana setelah lulus SMA. Di setiap tahunnya, animo calon mahasiswa yang turut berkompetisi mengikuti seleksi baik melalui seleksi Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB) maupun Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) selalu meningkat.

Selain wilayah Timur Tengah, Keperawatan Unissula juga bermitra dengan lebih dari sepuluh rumah sakit besar yang ada di Indonesia, untuk program pendayagunaan lulusan. Sehingga masa tunggu lulusan benar benar 0 bulan, karena sebelum dilakukan upacara sumpah profesi, pada kenyataannya mereka sudah lolos seleksi di beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

Memutuskan di mana melanjutkan kuliah, merupakan poin penting bagi generasi muda karena menjadi penentu bagaimana gambaran masa depan mereka. Persaingan dunia kerja yang sedemikian ketat, menuntut kita untuk benar benar harus cerdas memilih, institusi pendidikan yang dengan kesungguhan melalui kegiatan input, proses, output hingga pendayagunaan lulusan. Ada keuntungan berupa kemantapan hati dan ketenangan jiwa saat melalui semua proses pendidikan, tanpa khawatir akan bayangan kesulitan mencari dunia kerja sendiri. Keperawatan Unissula berkonsntrasi dan berkomitmen mengawal semua proses dengan sangat baik. Sehingga tidak berlebihan bila memilih kuliah di Keperawatan Unissula adalah salah satu keputusan cerdas.