blank
Vera Muthoharoh (Prodi Manajemen) Fakultas Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Wahid Hasyim Semarang dalam kegiatan pengembangan ekonomi kreatif kepada masyarakat. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pengembangan ekonomi kreatif melalui UMKM memberikan arah atau tujuan kepada masyarakat untuk menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaannya.

Ekonomi kreatif sebagai sebuah konsep yang berkembang berdasarkan aset kreatif dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Ekonomi kreatif bisa disebut juga dengan kreativitas, keterampilan serta bakat individu karena dapat menciptakan kesejahteraan, dengan menghasilkan daya kreasi dan cipta individu.

UMKM di Indonesia adalah program yang sangat didukung keberadannya. Mengingat UMKM sendiri adalah wadah untuk meningkatkan kesejahteraan sosial di ekonomi masyarakat. Banyak inovasi pengolahan produk dengan memanfaatkan bahan baku yang bisa dibilang itu limbah.

Pembinaan dengan metode pelatihan dan riset terhadap manfaat suatu produk tersebut menjadikan barang yang dianggap sampah menjadi barang yang bernilai.

Munculnya ekonomi kreatif juga salah satu program untuk meningkatkan progres sumber daya manusia di Indonesia. Tak jarang ekonomi kreatif memang wajib menjadi point of view untuk pemerintah, karena bersangkutan langsung dengan keberlasungan ekonomi masyarakat.

Indonesia adalah negara berkembang dimana strata pendidikan yang terbatas menyebabkan SDM dengan pola pikir yang terbatas pula. Adanya ekonomi kreatif yang diselenggarakan pemerintah adalah trobosan untuk masyarakat lebih produktif dan inovatif.

Pengelolaan ekonomi kreatif biasanya meliputi pembuatan handicraft, digital marketing, kuliner, dan fashion. Inovasi yang diciptakan biasanya tata kelola pengemasan, pemasaran dan juga variasi produk.

Ekonomi kreatif sangat membantu masyarakat dalam beradaptasi dengan era digital agar lebih mudah dalam mengenali progres yang sedang berkembang, atau kebutuhan yang sedang naik daun.

Hal ini tentunya selaras dengan kebutuhan masyarakat terkait informasi yang memang dibutuhkan untuk perluasan produknya. Jadi ekonomi kreatif sangat penting bukan ?

Ekonomi kreatif dapat memunculkan berbagai inovasi baru demi memenuhi kebutuhan pasar. Fungsi ekonomi kreatif adalah antara lain,
1. Memberi kontribusi ekonomi secara baik
2. Mewujudkan bisnis yang nyaris sempurna
3. Membangun citra bangsa
4. Memberi dampak sosial yang positif untuk seluruh masyarakat
5. Membantu mengembangkan berbagai sumber daya terbaru
6. Hadirnya kreativitas dan inovasi.

Oleh: Vera Muthoharoh (Prodi Manajemen)
Fakultas Ekonomi Angkatan 2018
Universitas Wahid Hasyim Semarang